No Impor, Jokowi: Kita Harus Hasilkan Vaksin Covid-19 Sendiri


Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan puluhan produk buatan putra putri bangsa, yang bertujuan mempercepat penanganan pandemi virus corona (Covid-19). 



Setidaknya ada 55 produk dalam negeri yang diresmikan Jokowi melalui siaran langsung secara virtual. Mulai dari alat rapid test, ventilator, hingga teknologi artificial inteliigence untuk mendeteksi Covid-19. Sehingga harapannya Indonesia tidak impor dan bergantung kepada negara lain.





Berbicara saat peluncuran produk tersebut, Jokowi kali ini meminta jajarannya untuk membuat vaksin Covid-19. Sama seperti sejumlah negara lainnya, Indonesia pun harus berpartisipasi dalam penanganan Covid-19 di seluruh dunia.



“Kita juga harus mampu menghasilkan vaksin sendiri,” kata Jokowi, Rabu (20/5/2020).





Jokowi mengaku telah mendengar kabar, lembaga peneliti Eijkman telah mendapatkan 7 data urutan genome, yang akan menjadi dasar awal untuk membuat virus antibodi untuk virus Covid-19.



“Saya juga senang komunitas peneliti terus bekerja untuk menemukan obat dan terapi yang efektif bagi pengobatan Covid,” katanya.



Jokowi juga meminta agar pengembangan produk buatan anak bangsa ini tidak hanya sebatas strerotype, namun berkelanjutan agar bisa memenuhi kebutuhan domestik serta ekspor ke mancanegara.



“Untuk itu, kerja sama dan kolaborasi antar kekuatan anak bangsa harus diperkuat, lembaga Litbang, perguruan tinggi, dunia usaha, industri, masyarakat, semuanya harus bekerja sama membangun ini,” katanya.



(Wed/Cnbcindonesia)