Bedjo Untung Nilai PKI Korban Orde Baru & tak Pernah Memberontak

Partai Komunis Indonesia (PKI) korban Orde Baru dan anggotany banyak dibantai pada 1965. PKI juga tidak pernah melakukan pemberontakan terhadap NKRI.

“PKI ini jelas korban, orang-orang tidak ada yang tahu,” kata Ketua Yayasan Penelitian Korban Pembunuhan 1965 (YPKP 65) Bedjo Untung beberapa waktu lalu dikutip dari tempo.co.

Kata Bedjo Untung, PKI tidak pernah melakukan pemberontakan terhadap Bangsa Indonesia. “Yang mereka tahu katanya PKI berontak, itu tidak ada,” ujarnya.

Baca juga:  Aktivis ProDem: Indonesia Darurat HAM

Menurut Bedjo Untung, dirinya bukan orang PKI. Menurut dia PKI tidak melakukan pemberontakan tapi justru menjadi korban pembantaian. “Saya juga bukan orang PKI ya, tapi sekarang sejarah akan mengatakan PKI tidak berontak tapi justru mereka menjadi korban,” katanya.

Bedjo Untung mengatakan, ketika itu Bung Karno adalah presiden yang sangat berwibawa dan disenangi rakyat Asia, Afrika dan Amerika Latin, beliau tidak mungkin jatuh karena sangat diterima rakyat.

“Indonesia akan menjadi mercusuar bangsa, nah ini amerika itu sengaja ingin menjatuhkan dan kemudian memang ada rekayasa dari CIA untuk menjatuhkan Soekarno dan targetnya adalah menghancurkan PKI”, katanya.

Baca juga:  Calon Kapolri Listyo akan Hidupkan Pam Swakarsa, Pengamat: Munculkan Konflik Sosial