by

Gadaikan Kedaulatan Bangsa, Menteri Susi akan Sewakan Pulau Indonesia ke Asing

Menteri KKP Susi Pudjiastuti (IST)
Menteri KKP Susi Pudjiastuti (IST)

Menteri Kelautan dan Perikanan (MKP) Susi Pudjiastuti menilai, pengerukan pasir dari laut Indonesia untuk memperluas daratan Singapura akan berdampak pada tenggelamnya pulau di area pengerukan.

Menurut dia, ketimbang pulau-pulau tersebut tenggelam, lebih baik disewakan kepada Singapura. “Saya pernah usulkan, lebih baik kita sewakan satu pulau ke Singapura, daripada pulau kita tenggelam,” ujar Susi saat berbicara dalam Rapat Pimpinan Nasional Kadin, Jakarta, Senin (8/12/2014).

Dia menjelaskan, Indonesia sebagai pemilik pulau-pulau yang terancam tenggelam akibat pengerukan pasir tentu akan sangat dirugikan. Dengan menyewakan pulau ke Singapura, dia mengatakan, Indonesia akan mendapatkan pemasukan pajak. “Kita dapat pajaknya, daripada pasir kita dikeruk, pulau kita tenggelam,” kata dia.

Baca juga:  Awas, Pertigaan Wangkit Kembangbahu Lamongan Berbahaya

Susi mengakui, usulnya sempat ditentang berbagai kalangan. Bahkan, Susi mengaku bahwa nasionalismenya sempat dipertanyakan. Meskipun begitu, Susi mengatakan bahwa penyewaan pulau tersebut bukan berarti menjual tanah Indonesia. Kepemilikan pulau tersebut tetap ada di Indonesia.

“Mereka sempat tanya nasionalisme saya di mana. Daripada pasir kita dikeruk lalu pulau kita ikut tenggelam, gimana? Siapa yang tidak nasionalis?” kata mantan bos Susi Air itu.

sumber: kompas.com

loading...

Loading...

News Feed