Aktivis Banser Sayangkan Cak Imin Mau Jadi Cawapres di Dalamnya Ada HTI dan PKS

Bakal Cawapres Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dinilai terlalu berambisi berkuasa mengindahkan nilai-nilai Ahlussunah Waljamaah dengan mau berdampingan PKS dan HTI.

“Cak Imin demi kekuasaan mau saja berdampingan sama politik identitas yang di dalamnya ada HTI dan PKS,” kata aktivis Banser Gus Affan Alfayed di akun X-nya, Rabu (6/9/2023).

Gus Affan mengaku sebagai pendukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. “Saya NU dan pendukung Ganjar,” jelasnya.

Menteri Agama (Menag) yang juga Ketua Umum GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas menyerukan pada masyarakat agar tidak memilih capre) yang memiliki rekam jejak sebagai pemecah belah umat.

Hal itu disampaikan Gus Yaqut ketika hadir di acara Tablig Akbar Idul Khotmi Nasional Thoriqoh Tijaniyah ke-231 di Pondok Pesantren Az-Zawiyah, Tanjung Anom, Garut, Jawa Barat.

Tak hanya itu, Yaqut juga mengingatkan rakyat agar tak memilih calon presiden yang menunggangi agama sebagai alat politik untuk memperoleh kekuasaan.

“Harus dicek betul (rekam jejak capres). Pernah nggak calon pemimpin kita, calon presiden kita ini, memecah-belah umat. Kalau pernah (memecah belah umat) jangan dipilih,” pesan Yaqut dalam keterangannya yang dimuat laman Kemenag.go.id.