200 Ribu Anggota Banser akan Jaga Gereja

200 ribu anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser) bersama polisi akan menjaga gereja selama perayaan Natal di seluruh Indonesia.

“Termasuk Pak Menteri Agama juga menyiapkan 200 ribu banser yang ikut bersama Polri dalam rangka mengamankan gereja, baik saat pelaksanaan misa malam natal dan misa tahun baru. Termasuk juga pengamanan internal dari pihak gereja akan mengamankan rangkaian ibadah umat Kristiani,” ujar Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo kepada wartawan, Senin (19/12/2022).

Dedi menyebut terdapat 52.636 lokasi yang akan diamankan selama Operasi Lilin terdiri dari 49.702 gereja, 711 terminal, 653 pelabuhan, 206 bandara, 526 stasiun kereta api, 3.693 pasar dan pusat perbelanjaan, 3.709 objek wisata dan 1.706 objek perayaan malam pergantian tahun baru.

Baca juga:  Politikus NasDem: Orang Beriman Dukung Jokowi, tak Dukung Kafir?

“Polri juga akan mendirikan 1.868 pospam (pos pengamanan), 776 posyan (pos pelayanan) dan 70 pos terpadu untuk seluruh Polda jajaran. Saat nanti digelar, Operasi Lilin dapat mengantisipasi arus mudik dan arus balik, sehingga semua bisa dilaksanakan dengan aman, lancar dan tetap mengutamakan para pengguna jalan,” jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengungkap pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan untuk menyiapkan rekayasa lalu lintas guna mengatasi kemacetan saat libur Nataru.

Rekayasa lalu lintas tersebut, lanjut Sigit, berupa ganjil genap, one way, hingga contra flow. “Kita tentunya sudah menyiapkan formula khusus kapan kita melaksanakan jalur ini kita lakukan normal. Artinya ganjil genap boleh berjalan, kapan kita gunakan contra flow dan kapan kita lakukan one way,” kata Sigit.

Baca juga:  KH Said Aqil PBNU Kecewa Gamis Buat Demo

“Kita sudah punya ukuran pada saat kepadatan melebihi 5 ribu apakah kita akan melakukan tahapan one way atau contra flow. Kalau lebih dari 6 ribu kita laksanakan one way itu akan kita hitung kalau nanti ada nanti kita putuskan dalam dapat koordinasi,” lanjutnya.