Beredar Video, Moeldoko Salah Bertayamun dengan Mengusap kedua Kaki

Saat ini beredar video di media sosial Kepala KSP Moeldoko salah bertayamum dengan mengusap kedua kaki.

Dalam video, Moeldoko mengawali dengan menempelkan kedua tangan ke tembok. Kemudian, ia mengusapkan kedua tangannya. Setelah itu, ia menempelkan kedua tangannya ke tembok dan mengusap kedua kakinya.

Dikutip dari an-nur.ac.id tata cara bertayamun di kereta.

Ketika Anda sedang dalam perjalanan dengan kereta dan tidak menemukan air di sekitar Anda, maka Anda dapat melakukan tayamum sebagai pengganti untuk bersuci sebelum sholat. Berikut adalah cara tayamum di kereta :

– Persiapkan alat yang dibutuhkan, seperti tanah, debu, atau benda yang mengandung tanah atau debu yang bersih dan suci. Anda dapat menggunakan bantal, karpet, atau benda lain yang ada di kereta yang memiliki unsur tanah atau debu.

– Niatkan tayamum dengan mengucapkan: Nawaitu at-tayammuma li raf’il hadatsi l-ashgharii fardhan lillahi ta’ala (Saya niat tayamum untuk menghilangkan hadas kecil fardu karena Allah ta’ala).

– Ketukkan kedua telapak tangan ke tanah atau debu, lalu usapkan ke wajah secara merata dari atas ke bawah dan dari kanan ke kiri.

– Ketukkan lagi kedua telapak tangan ke tanah atau debu, lalu usapkan ke kedua tangan dari pergelangan sampai siku secara berurutan. Mulai dari tangan kanan lalu tangan kiri.

– Tayamum selesai dan Anda dapat melaksanakan sholat.