Moeldoko Salah Tayamum, Gus Umar: Cara Allah Membuka Aib Orang

Allah telah membuka aib orang ketika Kepala KSP Moeldoko salah bertayamum di kereta api.

“Waktu SD saya sudah belajar tayamum. Lah ini sudah usia 66 tahun gak ngerti cara tayamum. Begitulah cara Allah membuka aib orang,” kata Umar Hasibuan atau Gus Umar di akun Twitter-nya, Selasa (30/8/2023).

Video Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko yang sedang melakukan ibadah salat di dalam kereta viral di media sosial.
Dalam video TikTok milik @kanjengsolo yang diunggah kembali oleh akun @ferizandra, terlihat Moeldoko yang sedang menaiki kereta VVIP beranjak dari tempat duduknya dan melepas jaketnya.

Kemudian, ia terlihat berjalan ke gerbong lain yang terdapat musala. Moeldoko melepas sepatunya dan menggulung lengan bajunya, lalu menempelkan tangannya ke dinding dan melakukan gerakan tayamum.

Tayamum adalah tindakan mensucikan diri dari hadas kecil dan besar dengan menggunakan debu. Tayamum dilakukan ketika tidak ditemukan air dan ada uzur tidak bisa menggunakan air.

Namun, video dengan caption “OMG! Pak Jenderal lakukan ini saat di dalam Kereta Api” itu menuai kritik. Dalam unggahan ulangnya, akun @ferizandra mengaku bingung dengan Moeldoko dan menuliskan tiga pertanyaan.
“Pagi2 video ini melintas di medsos, saya jadi ingin bertanya :

1. Di kereta VVIP biasanya ada toilet & wastafel, kenapa Bapak tayamum…?

2. Tayamum biasanya cuman mengusap wajah & tangan, kenapa kaki (celana) Bapak diusap juga…?

3. Untuk apa Bapak sholat direkam video…?” tulisnya dikutip Selasa (29/8).

Unggahan @ferizandra itu pun viral. Banyak warganet yang menyebut cara Moeldoko melakukan tayamum salah. Banyak juga yang mengkritik konten tersebut karena seharusnya ibadah adalah hal yang privat.