Tim Erick Usulkan Bongkar Atap JIS

Atap Jakarta International Stadium (JIS) harus dibongkar agar sinar matahari bisa masuk untuk menyinari rumput stadion.

“Rumput harus ditambah matahari, atap harus dibuka. Kalau ditambah sinar matahari ya dibuka. Boleh diganti atapnya,” kata tim Erick Thohir untuk Renovasi JIS yang juga ahli agronomi stadion Qamal Mustaqim dalam wawancara dengan Aiman Witjaksono.

Kata Qamal, pencahayaan ultraviolet (UV) untuk rumput JIS tidak akan maksimal dibandingkan menggunakan sinar matahari.

Sebelumnya ia mengatakan, sebagian area JIS, rumput hanya disinari matahari selama 6 jam. Menurut Qamal, ini yang menjadi persoalan.

“Sedangkan yang sebelah selatan hanya setengahnya saja dari jam 09.00 sampai 14.00. Ini yang masalah. [Walaupun] jenis rumput sama yang dipakai di [stadion] Jalak Harupat, Bung Tomo, dan Palembang,” papar Qamal.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan rumput di JIS tidak memenuhi standar FIFA. Basuki mengatakan rumput JIS akan diganti untuk pakai gelaran Piala Dunia U-17.

“Kondisi rumput sekarang menurut evaluasi ahlinya yang juga mengevaluasi 22 (stadion), termasuk yang memasang rumput GBK untuk Asian Games, jelas tidak masuk standar FIFA kalau dengan kondisi sekarang,” kata Basuki.

Basuki mengatakan, berdasarkan ahli rumput untuk stadion, rumput JIS akan diganti semua. Dia mengatakan rumput harus diganti untuk memenuhi standar FIFA jika ingin dipakai 3 bulan ke depan.

“Namun ada solusinya. Kita akan ganti semua rumput tersebut sesuai ahlinya beliau, Pak Kamal sebagai ahli dan agronomi rumput di stadion. Menurut beliau harus diganti, kalau mau 3 bulan bisa dipakai, itu untuk jangka pendek saja, mungkin jangka panjang mungkin harus diubah rumputnya. Jadi yang sekarang tak dapat memenuhi kriteria FIFA, untuk itu akan diganti rumput yang lain untuk dipakai U-17,” ujar Basuki.