Lagi, Kolaborasi Paguyuban Warteg Bagikan Masker Gratis Kepada Masyarakat Lemah dan Tidak Mampu.

Jakarta, – Menyikapi kondisi penyebaran virus corona (Covid-19) yang semakin meluas dan cepat di Indonesia, program aksi solidaritas banyak bermunculan ditengah masyarakat.

Salah satunya aksi lanjutan dari Paguyuban Pedagang Warteg se-Jakarta dan Sekitarnya (Pandawakarta). Kali ini berkolaborasi dengan Kesbangpol Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Barat serta Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Jakarta Barat dengan pembagian masker gratis kepada masyarakat.

“Ini aksi serial atau lanjutan Pandawakarta, dan kali ini kami bersama Kesbangpol Jakarta Barat dan FPK Jakarta Barat kepada masyarakat lemah dan kurang mampu dengan pembagian masker kain, hand sanitizer, dan makanan” kata Wakil Ketua Pandawakarta Puji Hartoyo, dalam keterangan yang diterima di Jakarta Kamis (23/4/2020).

Aksi ini ditujukan bagi masyarakat kurang mampu yang berada diwilayah Jabodetabek sebagai salah satu alat pelindung diri terhadap penyebaran Covid-19. Pada saat ini, aksi lebih diprioritaskan di Jakarta dan sekitarnya yang dianggap sebagai wilayah terdampak cukup krusial.

Di tengah pandemi, banyak masyarakat kesulitan mendapatkan alat perlindungan diri seperti masker dan hand sanitizer. Kalaupun ada harganya mahal, sementara untuk makan saja mereka kesulitan. Untuk itu dibutuhkan program dan aksi bersama antar masyarakat guna meringankan beban masyarakat yang lain. “Ini juga pesan kepada masyarakat secara luas, baik entitas, lembaga maupun perorangan yang punya kemampuan lebih untuk bersatu dan bersama membantu masyarakat lemah dan tidak mampu dalam menghadapi Covid-19 ini,” tambah Puji

Selain aksi alat perlindungan diri, Pandawakarta sejauh ini sedang menjajaki kerjasama dengan Aksi Cepat Tanggap (ACT) dalam Program Operasi Makan Gratis 1000 Warteg bagi masyarakat terdampak Covid-19.

 

[pandawakarta/kontributor]