by

Kualifikasi Piala Asia U-16 2020: Indonesia Tekuk Brunei 8-0

Menghadapi Brunei dan Bertanding di Stadion Madya, Senayan, Jumat (20/9/2019), Garuda Muda Indonesia langsung menekan Brunei. Bahkan pertandingan belum genap semenit, peluang langsung didapat lewat Resa Aditya. Sepakan first time-nya masih mengarahkan bola tepat ke pelukan kiper Brunei.

Peluang kembali didapat Indonesia. Pada menit ke-11, Alexandro Felix Kamuru menggiring bola di sisi kiri menuju area kotak penalti, namun gagal mengirim umpannya dengan baik ke Ahmad Athallah Araihan. Meski rekannya dalam posisi bebas, umpan Kamuru malah melayang ke atas.

Lalu dua menit berselang, Indonesia dihadiahi penalti usai Ruy Arianto dilanggar Muhammad Syahmi Ikhwan di kotak terlarang. Raihan pun menjadi eksekutor, dan bisa melesakkan bola ke gawang Brunei. Indonesia memimpin 1-0.

Setelahnya, Indonesia banyak menciptakan peluang lewat tembakan dari luar kotak penalti. Beberapa kali Ruy Arianto punya kans mencetak gol tambahan ke gawang Brunei, namun sepakannya terus melenceng ke atas.

Terus menekan, gol kedua Indonesia pun lahir di menit ke-43. Aditya Daffa El Haqi bisa meneruskan bola hasil tendangan penjuru menjadi gol dengan dorongan dadanya. Ia mengubah skor menjadi 2-0, yang bertahan hingga akhir babak pertama.

Baca juga:  Prediksi Rusia vs Kroasia

Di babak kedua, Indonesia kembali menambah keunggulan pada menit ke-46. Marselino Ferdinan memperbesar keunggulan lewat penalti, setelah dirinya dilanggar Muhamad Aqil Ikhwan. Skor menjadi 3-0.

Terus menekan, Indonesia bisa menambah gol lagi di menit ke-61. Faizal Shaifullah, yang masuk menggantikan Raka Cahyana sejak babak pertama, ikutan menjebol gawang Brunei memanfaatkan umpan Marselino dari sisi kiri. Skor menjadi 4-0.

Dua menit berlalu, Marselino kembali berperan dalam proses gol kelima Indonesia. Ia mengirim umpan terobosan, yang bisa diselesaikan dengan baik oleh Ruy Arianto. Kedudukan kini 5-0 untuk keunggulan Indonesia.

Pesta gol Indonesia berlanjut di menit ke-68. Faizal Shaifullah mencetak gol keduanya, atau gol keenam Indonesia, memanfaatkan sodoran Raihan di depan gawang Brunei.

Pada menit ke-73, Indonesia nyaris mencetak gol ketujuhnya. Raihan melepaskan crossing dari sisi kanan dan bisa ditanduk Marselino, namun bolanya bisa ditepis kiper Brunei MD Azali Waliuddin.

Tekanan Indonesia belum reda. Di menit ke-83, Ruy Arianto mencetak gol lagi untuk Indonesia lewat sundulan, memanfaatkan umpan Faizal Shaifullah dari sisi kanan. Skor menjadi 7-0.

Baca juga:  Setelah Menang Lawan Pacquaio, Mayweather hadapi Tuntutan 20 Juta Dollar AS

Empat menit berselang, gol kedelapan bisa dilesakkan Indonesia. Umpan Valeroen, yang menggantikan Raihan, bisa diselesaikan menjadi gol oleh Aditya Daffa di mulut gawang. Skor bertahan hingga laga bubar.

Kemenangan ini membuat Indonesia berada di peringkat dua Grup G, membuntuti China yang memuncaki grup dengan sama-sama mengoleksi 9 poin namun tim asuhan Bima Sakti kalah produktivitas gol. Adapun Brunei berada di peringkat 4 dengan 3 poin. Selanjutnya, Indonesia akan menghadapi China di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Minggu (22/9).

Susunan Pemain

Brunei Darussalam: MD Azali Waliuddin, MD Danial Hariz, Muhd Wafiq Danish, Mohammad Nazry Aiman (c), Muhamad Aqil Ikhwan, Abdul Hafiy, Ak Muhd Ali Munawwar, Muhd Danisyh Syariee, AK MD Idzzaham, Muhammad Syahmi Ikhwan, MD Syaherrul Affendy,

Indonesia: Putra Kaicen, Alfin Farhan, Kadek Arel, Alexandro Felix, Resa Aditya, Marselino Ferdinan, Dimas Juliono Pamungkas, Raka Cahyana, Aditya Daffa, Ahmad Athallah Araihan, Ruy Arianto

loading...

Loading...

News Feed