FAGANJA dan KOPI Grafika Berencana Gelar Workshop Bisnis Printing

Pameran di Indocomtech (IST)

Forum Alumni Grafika Negeri Jakarta (FAGANJA) berencana menggelar berbagai workshop dan kegiatan edukasi tentang beragam produk dan teknik printing. Rencana tersebut tengah digodok agar bisa dijadikan semacam program rutin.

Ketua FAGANJA, Anton Haryadi, mengatakan inspirasi untuk menggelar seminar, talkshow dan kegiatan sejenis muncul setelah ia melihat kesuksesan penyelenggaraan Indocomtech 2018 yang berlangsung 31 Oktober – 4 November di Jakarta Convention Center (JCC).

“Kami ingin mengedukasi masyarakat umum agar lebih tertarik atas beragam produk printing,” kata Anton saat ditemui usai penyelenggaraan Indocomtech 2018 di Jakarta pekan lalu.

FAGANJA bekerja sama dengan Komunitas Printing Indonesia (KOPI) Grafika memiliki booth bersama di Indocomtech 2018. Anton menyebut booth FAGANJA dan KOPI Grafika sengaja kecil dan minimalis karena mereka ingin mengincar ketertarikan para pengusaha di kelas home industri atau UKM.

“Di Indocomtech kemarin kami mampu mengikutsertakan belasan booth untuk UKM. Kami juga mampu melaksanakan workshop digital printing dengan jumlah peserta ratusan orang,” ujar Anton yang merupakan angkatan 99 tersebut.

FAGANJA bersama KOPI Grafika telah menyusun konsep awal untuk menjalankan program edukasi masyarakat umum. Targetnya mulai dari masyarakat biasa, para pelajar, mahasiswa hingga kalangan profesional lebih tertarik dan bisa memahami berbagai produk printing.

Tak hanya itu, Anton juga berharap kualitas dan kuantitas printing semakin baik dan semakin besar di tengah ketatnya persaingan di bisnis ini.

“Target kami adalah menumbuhkankembangkan para pengusaha jasa printing home industri. Kalau bisa, kami ingin memiliki rekanan merata di berbagai daerah di Tanah Air.”