Buku Peta Jalan Petani Cerdas

Kehadiran buku Peta Jalan Petani Cerdas sesungguhnya merupakan penegasan kiprah dan eksistensi Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) dalam proses pendistribusian dan pemberdayaan dana ZISWAF sehingga berdampak positif dan bermanfaat khususnya untuk para mustahik dan masyarakat kecil yang tergolong kaum para dhuafa.

Kita semua berharap bahwa program Smartfarm Academy IZI terus tumbuh serta mendorong kemandirian desa yang ingin bergerak maju dan tumbuh menjadi zona-zona kemandirian baru. Petani, terutama para petani muda, sudah saatnya berada di garda depan sebagai inisiator untuk kemajuan dan kesejahteraan desa masing-masing. Para petani, dengan dukungan IZI dan sejumlah pihak, sudah saatnya juga membuktikan bahwa ZISWAF bisa menguatkan sektor pertanian dan menciptakan lapangan kerja yang bisa dengan mudah diakses dan diperluas dampaknya secara berkesinambungan. Para petani, yang selama ini kadang terabaikan dan kurang mendapat perhatian dan dukungan yang serius, sudah saatnya bangkit dan memiliki kesadaran yang utuh untuk bisa hidup lebih baik. Saat yang sama, mereka juga didorong untuk bertambah baik ekonomi keluarganya dan sekaligus meningkat aspek spiritual keagamaannya.

Baca juga:  Dua Pelaku Spesialis Pencuri Aki Truck yang Diamankan Polsek Duduk Gresik

Program Smartfarm Academy yang dikelola IZI dan digambarkan cukup detail dalam buku ini semoga menjadi potret dan cerita baik akan keberhasilan pemberdayaan petani melalui ZISWAF. Kita semua berharap agar program Smartfarm Academy IZI mampu secara konsisten mempertahankan keberkelanjutannya. Bahkan bukan hanya itu, program ini pun diharapkan akan semakin baik bobot kualitasnya dan semakin luas daya jangkau kemanfaatannya seiring semakin kuatnya dukungan dari banyak pihak.

Program ini harus terus hidup, adaptif dan bergerak masif sehingga banyak petani semakin terselamatkan hidupnya, dan mereka akhirnya bangga menjadi petani. Ke depan, tidak ada lagi petani yang termarginalkan, tidak ada lagi petani yang tersisihkan dan merasa minder hidupnya. Ke depan, petani adalah menjadi pilihan profesi yang menjanjikan bagi generasi muda karena berbagai benefit yang ada. Selain itu, profesi ini pun dapat ikut memberikan kontribusi yang semakin penting dalam agenda pembangunan nasional untuk mewujudkan bangsa Indonesia yang adil dan makmur sesuai cita-cita kita bersama.

Baca juga:  Jika Tergugat Punya Surat Pernyataan yang Sama Aslinya, Berarti ?

Harapan kami, semoga buku ini sarat dengan hikmah dan pelajaran berharga bagi siapa pun yang menelaahnya. Selain itu, tentu kami pun sangat mengharapkan sumbang saran baik bagi perbaikan program Smartfarm Academy maupun penyempurnaan isi buku ini.