Haikal Minta Paslon 01 dan 03 tak Tuding Ada Kecurangan di Pilpres 2024

Aktivis 98 Sulaiman Haikal meminta agar para kandidat dan timses paslon 01 dan 03 bisa legowo dan menghentikan berbagai tuduhan dan retorika kecurangan kepada pemerintah khususnya pelaksana pemilu.

“Tuduhan-tuduhan tersebut selain harus dibuktikan, jikapun ada tidak akan signifikan dalam mengubah hasil pemilu 2024. Terlebih di era sosmed sekarang ini, sangat sulit melakukan kecurangan karena akan dengan mudah ditemukan dan diviralkan,” ungkap Sulaiman Haikal kepada wartawan, Jumat (16/2/2024).

Sulaiman Haikal menggambarkan Pilpres 2024 sebagai yang paling damai dan penuh kegembiraan. Di mana-mana rakyat antusias antri memberikan suara di TPS, ditingkahi dengan kegembiraan dan kebersamaan. “Hampir tidak ada gesekan berarti pada saat pencoblosan dan penghitungan suara. Pemilu berlangsung demokratis dan meriah,” ujar Ketua Umum PIJAR Indonesia ini.

Menurut Sulaiman Haikal, pemilu 2024 dan terutama adalah pilpresnya mendapat pantauan luas dari dunia internasional. Media-media luar negeri memberitakan jalannya pemilu negara kita sebagai demokrasi terbesar ketiga di dunia dengan pemberitaan positif. Mereka tidak menemukan kecurangan berarti yang bisa dijadikan dasar kuat menggugat hasil pemilu 2024. Pemilu berlangsung demokratis dan transparan

Bahkan para pemimpin dunia dan para kepala negara negara demokrasi telah secara terbuka mengakui kualitas pemilu 2024. Hal itu ditandai dengan pemberian ucapan selamat kepada Bapak Prabowo Subianto karena berhasil memenangkan pilpres.

”Ucapan selamat ini tentu berkorelasi dengan pengakuan atas kualitas pemilu di Indonesia, tak bisa dipungkiri,” tambah Sulaiman Haikal. Tercatat negara-negara yang menyampaikan selamat adalah Australia, Malaysia, Singapura dan Ceko.

Oleh karena itu Haikal meminta agar para kandidat dan timses paslon 01 dan 03 bisa legowo dan menghentikan berbagai tuduhan dan retorika kecurangan kepada pemerintah khususnya pelaksana pemilu. “Tuduhan-tuduhan tersebut selain harus dibuktikan, jikapun ada tidak akan signifikan dalam mengubah hasil pemilu 2024. Terlebih di era sosmed sekarang ini, sangat sulit melakukan kecurangan karena akan dengan mudah ditemukan dan diviralkan,” tutup Sulaiman Haikal.