Survei CSIS AMIN Posisi Kedua, ABRI-SATU: Optimis Masuk Putaran Kedua dan Menang di Pilpres 2024

Anies-Muhaimin (AMIN) optimis masuk putaran kedua setelah hasil survei CSIS yang menempatkan paslon nomor 01 menempatkan posisi kedua.

“Saya baca hasil survei CSIS terbaru, AMIN angkanya naik dan posisi kedua. Membuat kami optimis masuk putaran kedua dan menjadi pemenang di Pilpres 2024,” kata Ketua Umum Anies Baswedan Republik Indonesia (ABRI)-SATU Syifa Indriani kepada redaksi www.suaranasional.com, Rabu (27/12/2023).

Kata Syifa, semua hasil survei termasu CSIS menjadi bahan pertimbangan kami untuk terus bekerja dalam memenangkan AMIN. “Survei merupakan hasil ilmiah yang perlu hargai. Dalam posisi AMIN apapun dari lembaga survei akan jadi masukan buat relawan,” tegasnya.

Centre for Strategic and International Studies (CSIS) merilis hasil survei elektabilitas Pilpres pasca debat capres perdana. Hasilnya, pasangan Prabowo-Gibran unggul dengan elektabilitas 43,7 persen.
Survei dilakukan pada 13-18 Desember 2023. Survei dilakukan dengan metode survei multistage random sampling dengan jumlah sample sebesar 1.300 orang yang tersebar di 34 Provinsi Indonesia. Margin of error survei ini sebesar plus minus 2,7 persen dengan tingkat kepercayaan 95%.

Baca juga:  Ketua Tim Pemenangan Anies di Sumbar Diserang, Ketum ABRI Satu: Mengecam Keras & Minta Polisi Mengusut Tuntas

Responden survei adalah penduduk Indonesia yang berusia 17 tahun atau yang sudah menikah saat survei dilakukan. Survei menggunakan teknil wawancara tatap muka dengan menggunakan kuesioner.

Responden diberikan pertanyaan ‘bila saat ini ibu/bapak sedang berada di bilik suara (TPS), siapakah yang akan ibu/bapak pilih sebagai presiden dan wakil presiden periode 2024-2029?’. Berikut hasilnya:

– Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar: 26,1%

– Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka: 43,7%

– Ganjar Pranowo-Mahfud Md: 19,4%

– Rahasia/belum menentukan pilihan: 6,4%
– Tidak tahu/tidak jawab: 4,5%.

Ketua Departemen Politik dan Perubahan Sosial CSIS, Arya Fernandes, mengatakan survei ini dilakukan sehari setelah debat capres. Dia juga mengingatkan elektabilitas ini bisa berubah sesuai perkembangan politik.

Baca juga:  Diduga Ada Politisasi Bacaan Amin dan Asmaul Husna Ya Muhaiminu di Beberapa Masjid, GBM: Bawaslu Harus Bertindak

“Jadi ini peta yang kami dapatkan setelah debat pertama berlangsung. Ketiga calon masih ada waktu dan harapan untuk menentukan kerja politik, kedua situasi bisa aja ada perubahan tipis naik atau turun karena ada debat, jadi putaran debat masih ada 3 kali. Ketiga aktivitas mobilitas kampanye paslon,” kata Arya saat memaparkan hasil survei di YouTube CSIS, Rabu (27/12/2023).

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *