Nicho Silalahi Ingatkan Jokowi Tambang dan IKN Penyumbang Terbesar Polusi Udara

Tambang di berbagai wilayah Indonesia dan proyek IKN penyumbang polusi udara di Indonesia. Kedua proyek tersebut menggunduli hutan serta merusak lingkungan.

“IKN dan tambang di berbagai wilayah itu penyumbang polisi di Indonesia. Udara Indonesia sudah rusak dengan kedua proyek itu,” kata aktivis Molekul Pancasila Nicho Silalahi kepada redaksi www.suaranasional.com, Kamis (31/8/2023).

Kata Nicho, tambang banyak dikuasai penguasa yang selama ini penyumbang dana untuk kemenangan Jokowi di Pilpres 2014 dan 2019. “Sehingga pengusaha tambang punya jasa besar terhadap kemenangan Jokowi sehingga mantan Wali Kota Solo itu membiarkan saja bumi Indonesia rusak,” tegas Nicho.

Menurut Nicho, proyek food estate yang membabat hutan dan gagal juga penyumbang polusi udara di Indonesia. “Jokowi pun diam saja terhadap proyek food estate yang gagal ini. Proyek dianggap untuk ketahanan pangan namun faktanya hanya dinikmati elite saja,” jelasnya.

Nicho juga menilai, Kementeria Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) tidak berfungsi dan hanya menjadi lembaga stempel bagi para pengusaha tambang. “Banyak amdal yang dilanggar dan dibiarkan Kementerial LHK,” pungkas Nicho.