Amil Zakat Harus Menjaga Kesehatan

Para amil zakat harus sehat sehingga dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat secara baik dan maksimal.

“Para amil zakat hidup dengan menjalani pola hidup sehat. Pengertian pola hidup sehat sendiri sederhana, yakni upaya seseorang untuk menjaga tubuhnya agar tetap sehat,” kata Direktur Utama Akademizi dan Associate Expert Forum Zakat (FOZ) dalam artikel berjudul “Tips Amil Zakat Tetap Sehat”

Dalam menjalankan pola hidup sehat, kata Nana, amil zakat dapat dilakukan dengan cara mengonsumsi makanan bergizi, olahraga secara rutin, dan istirahat yang cukup.

Amil zakat menganggap pola hidup sehat adalah pola hidup yang sulit untuk dijalani. Namun sebenarnya, ada banyak cara yang mudah dilakukan untuk menjaga diri kita tetap sehat. Berikut ini ada beberapa tips pola hidup sehat yang mudah dilakukan dan pastinya akan membantu para amil untuk menjadi lebih sehat.

Pertama, menjaga pola makan yang sehat, halal dan bergizi

Hidup bukan untuk makan. Tapi untuk bisa hidup dengan baik, kita memang perlu makan. Dan agar terjadi kebaikan dalam soal makan ini, maka makanan yang kita makan harus sehat, halal dan bergizi. Makanan ini adalah salah satu faktor utama dalam hidup sehat.

“Seiring umur para amil, maka soal makanan ini semakin harus diperhatikan. Para amil dapat mengganti makanannya dengan mengonsumsi makanan yang penuh gizi seperti rendah gula, kaya serat, dan banyak vitamin. Makanan sehat dan penuh gizi akan sangat membantu untuk menjadikan tubuh kita lebih sehat,” tegasnya.

Para amil tak boleh sembarangan makan. Apalagi yang tak halal. Makanan sehat saja harus tetap menghndari makanan berlemak dan makanan yang mengandung pengawet karena hal tersebut dapat berbahaya bagi tubuh. Kita harus pula memperbanyak makan sayur dan buah. Ada baiknya para amil mengonsumsi lima sampai enam porsi setiap harinya.

Kedua, memperbanyak olahraga

Menjadi sehat akan mengurangi beban hidup. Juga akan memudahkan memecahkan beragam masalah di dunia amil zakat. Dan rutin berolahraga bukan hanya bagian pola hidup sehat bagi amil usia muda.

“Olahraga adalah kegiatan yang penting dilakukan oleh semua amil. Berapapun usianya, usahakan untuk tetap aktif secara fisik. Banyak orang berpikir bahwa olahraga adalah kegiatan yang melelahkan, maka tidak heran apabila saat ini semakin banyak orang yang malas untuk berolahraga,” tegas Nana.

Para amil yang sehat dan bugar akan memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan hidupnya, juga bagi gerakan zakat. Olahraga juga dapat membantu para amil zakat untuk menjalani pola hidup sehat.

Ketiga, membiasakan istirahat yang cukup

Istirahat bukan bagian dari kemalasan. Istirahat adalah hak tubuh yang harus diperhatikan dan dipenuhi dengan baik. Istirahat yang cukup juga bagian penting dalam menjalani pola hidup sehat.

Kebutuhan istirahat dan tidur setiap individu berbeda-beda sesuai tahap perkembangan aktivitas yang dijalani. Juga sesuai usia masing-masing. National Sleep Foundation merekomendasikan usia dewasa muda (18-25 tahun) membutuhkan waktu tidur 7-9 jam per malam. Orang yang tidak memiliki waktu tidur cukup berpotensi terkena penyakit mematikan, seperti kanker dan jantung.

“Apabila seseorang memiliki waktu tidur yang kurang maka ia setara dengan mengonsumsi racun atau menjalani pola makan yang buruk. Oleh karena itu, sesibuk apapun seorang amil zakat, usahakan untuk selalu beristirahat dan tidur dengan cukup,” ungkapnya.