SMP Muhammadiyah 1 Kudus Sukses Gelar E-Vote Pedas Pilkaos

SMP Muhammadiyah 1 Kudus menyelenggarakan pesta demokrasi siswa pemilihan ketua OSIS (Pedas Pilkaos) periode 2022/2023 secara e-vote.

Kegiatan ini dimaksudkan menjadi pembelajaran siswa dalam belajar berdemokrasi menggunakan hak politik dengan memilih calon ketua OSIS/IPM.

Serangkaian kegiatan yang mengawali pemilihan meliputi kampanye terbuka di hadapan seluruh siswa. Calon ketua OSIS/IPM menyampaikan visi, misi dan program kerja.

Setelah kampanye terbuka dilanjutkan dengan Ngobras Kaos (Ngobrol Asik bersama Calon Ketua OSIS).

Ngobras Kaos dikemas sebagai obrolan ringan, santai dengan tema penyampaian visi misi serta program kerja calon ketua OSIS. Ngobras Kaos ini dipandu oleh Wakil Kepala Sekolah bidang kesiswaan Anik Shopiyati dan ditayangkan di chanel YouTube.

Sama seperti tahun sebelumnya, pemilihan Ketua OSIS kali ini dilakukan secara online. Selanjutnya untuk uji coba sistem sebelum pelaksanaan pemilihan dilakukan simulasi pemilihan lewat aplikasi vote me.

Dan akhirnya Senin 31 Oktober 2022 dilaksanakan pemilihan serentak dengan menggunakan aplikasi vote me, lewat ponsel masing-masing siswa.

Tahun ini kandidat ketua OSIS ada dua yaitu Caesaraya Junior Nugroho dari kelas 8A dan Azni Maritza Griselda Rafa dari kelas 8B.

Dari 519 siswa, sebanyak 472 menggunakan hak pilihnya. Hasil perolehan suara yaitu untuk Caesaraya memperoleh 22.9 % dengan jumlah suara 108. Sementara Azni memperoleh 77,1% dengan jumlah suara 364.

Dengan demikian, Ketua OSIS /IPM periode 2022/2023 adalah Azni Maritza Griselda Rafa dari kelas 8B. (Syahirul Alem)