Tak Lolos Verifikasi Administrasi, Aktivis Politik: Oligarki Ketakutan Keberadaan PRIMA

Partai Rakyat Adil Makmur (PRIMA) yang tidak lolos verifikasi adminitrasi mengindikasi oligarki ketakutan partai yang digawangi Agus Jabo Priyono.

“PRIMA sangat jelas visi dan misi dalam membela rakyat. Pengurusnya tidak bisa dibeli dengan uang. Ini yang membuat oligarki ketakutan dengan PRIMA dan diduga diskenariokan tak lolos verifikasi administrasi,” kata aktivis politik Rahman Simatupang dalam pernyataan kepada redaksi www.suaranasional.com, Senen (17/10/2022).

Menurut Rahman, PRIMA mempunyai basis massa dan jaringan yang sangat kuat sehingga sangat mustahil tidak lolos verifikasi administrasi. “Publik bisa menilai sendiri kinerja KPU dalam melakukan verifikasi administrasi partai politik,” papar Rahman.

Rahman mengatakan, PRIMA merupakan partai alternatif bagi rakyat dan generasi muda Indonesia. “Sumber dana dari rakyat dan konsep gotong royong dijalankan secara betul oleh PRIMA,” tegas Rahman.

Selain itu, ia berharap PRIMA bisa lolos di Pemilu 2024 dengan kemenangan gugatan terhadap Bawaslu. “Semoga PRIMA menang gugatan terhadap Bawaslu,” ungkapnya.

Ketua Umum PRIMA, Agus Jabo Priyono mengatakan, pihaknya akan melayangkan gugatan itu dalam kurun waktu 3×24 jam setelah mendapatkan berita acara resmi terkait ketidaklolosan partainya dari KPU.

“Kami yakin bahwa Bawaslu akan menerima gugatan kami, karena berdasarkan data yang kami miliki, dokumen administrasi yang kita serahkan ke KPU lengkap dan melebihi syarat minimal, 34 provinsi, 423 kabupaten/kota, 3436 kecamatan dan 327.298 anggota,” ujar Agus Jabo dalam keterangan tertulisnya, Jumat (14/10/2022).

Agus Jabo yakin partainya bakal memenangkan gugatan dan akhirnya dinyatakan lolos. Sebab, hal semacam ini pernah dialami oleh beberapa partai politik lainnya dalam Pemilu 2019 lalu. Partai-partai tersebut dinyatakan memenuhi syarat dan lolos verifikasi setelah melakukan serangkaian gugatan.

“Partai Berkarya dan Partai Garuda juga pernah tidak lolos verifikasi administrasi dalam tahapan Pemilu 2019 lalu. Setelah ada gugatan ke Bawaslu, mereka memenuhi syarat,” ujarnya.

Agus Jabo juga mengimbau kepada struktur Prima di tingkatan pusat hingga kecamatan, anggota maupun simpatisan, untuk tetap tenang dan meyakini bahwa Prima akan lolos menjadi peserta dan memenangkan Pemilu 2024.