Puji Ratna Sarumpaet, Pengamat: Jokowi Dukung Kebohongan

Joko Widodo (JOkowi) telah mendukung kebohongan dengan memuji Ratna Sarumpaet yang diakui telah jujur bukan dianiaya.

“Memuji Ratna Sarumpaet artinya mendukung kebohongan,” kata pengamat politik Muslim Arbi kepada suaranasional, Senin (4/2/2019).

Menurut Muslim, Ratna Sarumpaet akan dipakai Jokowi untuk menyerang kubu Prabowo. “Setelah omongan Jokowi, para buzzer akan memakai Ratna Sarumpaet untuk menyerang Jokowi,” paparnya.

Kata Muslim, pujian terhadap Ratna Sarumpart merupakan blunder yang dilakukan Jokowi. “Kelompok massa mengambang yang selama ini belum menentukan pilihan akan menilai sikap Jokowi yang tidak konsisten dalam memerangi kebohongan,” jelas Muslim.

Jokowi kembali bicara soal Ratna Sarumpaet ketika menerima dukungan dari Koalisi Alumni Diponegoro di kawasan Kota Lama Semarang, Jawa Tengah, Minggu (3/2/2019). Dia memuji kejujuran Ratna yang mengaku berbohong, tapi mengkritik yang menyebut Ratna dianiaya.

“Katanya dianiaya. Mukanya babak belur. Lalu konpers menuduh-nuduh kita sampai konferensi pers segala. Untungnya, yang namanya Mbak Ratna Sarumpaet itu jujur,” ujar Jokowi

Jokowi mengatakan justru yang menyebar isu itu yang tidak benar. Jokowi sampai heran karenanya.

“Saya acungi jempol ke Mbak Ratna. Tapi yang nggak benar itu yang ngabarin digebukkin, itu nggak benar. Maunya apa? Maunya nuduh kita kriminalisasi, tapi masyarakat kita sudah cerdas dan pintar-pintar,” kata Jokowi.