Ini Dia Tempat Wisata Lamongan

Mau berwisata di Lamongan jangan bingung-bingung, banyak tempat menarik di wilayah ini yang bisa Anda kunjungi. Karena kota-kota yang ada di Jawa Timur memang banyak sekali tempat wisata dan tidak terkecuali kota Lamongan.

Wisata menarik akan Anda temui juga di Lamongan, seperti wisata pantai, wisata sejarah dan wisata religi.

Kota ini juga menjadi kota dengan wisata menarik yang banyak di kunjungi oleh wisatawan luar daerah. Dengan wisata alam dan wisata kuliner yang menarik.

Berikut ini daftar tempat wisata di Lamongan yang bisa Anda kunjungi.

1. Wisata Bahari di Lamongan (WBL)

Destinasi tempat rekreasi di Lamongan ini sudah sangat terkenal. Dengan opstekel wahana yang beragam dan keindahan obyek wisata yang menarik tentunya.

WBL berada di Kec.Paciran,Kab.Lamongan. Lokasinya di kelilingi oleh pantai dengan panorama yang indah tentunya membuat tempat piknik di Lamongan ini menjadi destinasi wisata favorit di Lamongan. Obyek wisata yang harus anda kunjungi saat berlibur di Lamongan.

Obyek wisata ini di kelola PT.Bumi Lamongan sejati dan saham kepemilikannya dimiliki oleh 2 pihak. Yaitu PT.Bunga Wangsa Sejati dan Pemerintah Lamongan.

Dengan demikian perkembangan obyek wisata ini sangat pesat. Selang tidak banyak waktu wisata ini sudah di lengkapi dengan fasilitas yang luar biasa. Jadi tidak heran kalau wahana di WBL ini tidak kalah keren dengan Dunia Fantasi yang ada di Jakarta.

Wisata ini dilengkapi dengan fasilitas Waterboom,space shuttle,Rumah kaca,anjungan wali songo,istana bawah laut dan tembak ikan. Ada juga gua insectarium,istana bajak laut, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Menarik bukan? Sayang sekali jika anda berlibur di Lamongan tanpa mengunjungi tempat liburan di Lamongan ini.

2. Wisata Kuliner khas Lamongan

Mencoba wisata kuliner di Lamongan tidak lengkap rasanya tanpa mampir ke warung Lamongan yang ada di pinggir jalan. Dengan makanan khas Pecel lele khas Lamongan yang di jamin akan menggoyang lidah anda. Karena di temani dengan sambal dan lalap sayuran,mentimun.

Nikmat bukan? Ada juga menu bebek goreng dan lainnya yang pastinya membuat lidah bergoyang deh. Sayang sekali apabila anda berlibur ke Lamongan tanpa mampir ke warung-warung lamongan yang ada di sepanjang jalan Kota Lamongan.

3. Wisata Religi di Makam sunan Drajat Lamongan

Tidak hanya wisata kuliner dan wisata hibran, di lamongan anda juga bisa wisata religi di Makam sunan Drajat. Sunan Drajat ini termasuk dalam Walisongo yang menyebarkan agama islam di nusantara. Jadi tidak heran kalau makam wali ini selalu ramai akan peziarah.

Anda bisa sampai di tempat wisata realigi di Lamongan ini dengan menempuh perjalanan sekitar 30 Menit saja dari kota Lamongan. Karena memang jaraknya tidak terlalu jauh.

Pemerintah Lamongan juga sudah merenovasi bangunan di sekitar makam yang sudah mulai tua dan lapuk. Hingga membangun masjid sudan Drajat menjadi lebih bagus.

Di sekitar makam juga di bangun museum sunan Drajat. Museum ini di bangun dengan dukungan warga dan pemerintah Jawa Timur.

4. Waduk Gondang di Lamongan

Sebuah waduk yang di gadang-gadang menjadi kebanggaan Mmasyarakat Kabupaten Lamongan. Panorama waduk yang mempesona membuat waduk ini menjadi destinasi wisata Favorit.

Waduk ini berada di barat kota lamongan dan berjarak sekitar 19 Km dari pusat Kota. Anda bisa menggunakan kendaraan umum maupun pribadi untuk sampai ke obyek wisata waduk Gondang ini.

Luas waduk ini sekitar 6,60 ha,dan memiliki kedalaman sekitar 29 m. Di resmikan tahun 1987 oleh Presiden Soeharto pada masa Orde Baru.

Pemandangan panorama waduk yang eksotis membuat obyek wisata waduk Gondang ini selalu ramai. Para wisatawan datang ingin menikmati indahnya waduk yang ada di Lamongan ini.

Di sekitar waduk juga terdapat situs bersejarah yaitu makam Dewi sekardadu. Dewi sekardadu ini adalah ibunda sunan Giri atau Jaka Samudra yang merupakan tokoh sejarah Lamongan.

5. Monumen Van der Wijck yang syarat akan sejarah

Berawal dari terinspirasi akan kisah tenggelamnya kapal Van der wijck. Seorang ulama buya hamka yang sekaligus adalah seorang sastrawan menulis cerita Tenggelamnya kapal van der wijck. Kisah yang terjadi di tahun 28 Oktober 1936 di pesisir Pulau Jawa, tepatnya di perairan Brondong.

Kapal ini dimiliki oleh Koninklijke paketvaart maatschappij sebuah perusahaan kapal yang ada di Amsterdam. Sedangkan pembuatan kapal ini pada tahun 1921 di Feijenoord Rotterdam Netherland.

Di gadang-gadang kisah kapal ini disamakan dengan kisah Titanic, bedanya ada di Indonesia. Kisah kapal ini akhirnya di tulis oleh sastrawan Buya Hamka dengan ciamik.

Kemudian di buat Monumen untuk mengenang tenggelamnya kapal ini. Lokasi monumen ini berada di Pelabuhan Brondong,kabupaten Lamongan. Dekat dengan lokasi tenggelamnya kapal tersebut.

6. Wisata Religi ke Makam sunan Sendang Duwur Lamongan

Di Lamongan tidak hanya ada makam sunan Drajat saja. Masih banyak situs bersejarah peninggalan zaman penyebaran Islam di Kota ini.

Seperti makam ulama Sendeng Duwur alias Raden Noer Rahmad putra dari Abdul Kohar. Cucu dari Sultan Abu Yazid al baghdadi yang merupakan orang baghdag,Irak.

Sunan Sendang Duwur lahir tahun 1320 dan wafat tahun 1585. Jadi umurnya sangat tua bukan saat ia meninggal dunia? Sunan Sendang duwur pernah memindahkan masjid. Yaitu dari Ari Mantingan menuju bukit Amitunon hanya dalam waktu satu malam saja.

Yang sekarang dikenal sebagai masjid Sendang Duwur. tentang Kebenaranannya wallahu a’lam. Lokasi tempat ini berada di Desa Sendang Duwur,Kec. Paciran.

Bangunan masjid yang artistik membuatnya sangat unik dan indah. Perpaduan bangunan masjid dan pura membentuk bangunan yang menarik.

Tugu masuk masjid seperti Tugu Bentar yang ada di Bali. Dibuat dengan ukiran dan ornamen yang di buat menggunakan Kayu yang terlihat lebih klasik dan menakjubkan.

7. Makam Dewi Serdadu di Lamongan

Di dekat waduk Gondang ada situs yang syarat akan sejarah yaitu Makam Dewi Serdadu. Lokasi makam ini tidak jauh dari Waduk Gondang. Keindahan panorama alam dan suasana alam hijau menyegarkan akan anda jumpai di makam dewi serdadu ini.

Kerena lokasinya di kelilingi oleh hehijauan tumbuhan yang asri. Jadi kalau anda berlibur di waduk Gondang sekalian mengunjungi makam ini ya.

8. Pantai Brondong Lamongan

Obyek wisata pantai Lamongan yang unik. Seperti namanya “Brondong” sebutan untuk cowok muda yang ganteng,keren,tajir dan biasanya jomblo.

Tapi kali ini bukan cowok seperti itu yang di maksud. Melainkan sebuah pantai yang ada di Lamongan, yaitu pantai Brondong. Pantai yang lokasinya berada di pelabuhan Paciran Kabupaten Lamongan Jawa Timur.

Pemandangan yang menakjubkan keindahannya akan anda dapatkan di pantai Brondong ini. Anda bisa bersantai menikmati indahnya pantai dan hembusan angin pantai yang sepoi-sepoi.

Tidak hanya itu , di sini juga termasuk dalam tempat pelelangan ikan hasil tangkapan Nelayan. Anda juga bisa membeli ikan segar atau hasil laut nelayan di tempat ini.

Kualitas hasil laut tangkapan nelayan yang ada di sini juga termasuk kualitas terbaik. Tidak usah khawatir karena ikan-ikan di sini masih murah karena belum masuk ke pasar.

9. Alun-alun Kota Lamongan

Tempat wisata keluarga di Lamongan yang asyik dan murah meriah akan anda jumpai di lamongan, tepatnya di alun-alun kota Lamongan. Zaman dulu Alun-alun biasanya di gunakan Raja untuk tempat acara suatu kadipaten beserta rakyat-rakyatnya.

Akan tetapi sekarang di alihfungsinkan menjadi tempat acara rakyat. Tahun 2011 Alun-alun kota Lamongan juga sudah di renovasi.

Sehingga pemandangan dan suasana alun-alun yang lebih menawan. Membuat pengunjung betah berlama-lama di alun-alun ini. Ada juga yang menjadikannya tempat nongkrong di Lamongan yang asik

Warga sekitar juga sering menyambangi alun-alun ini sekedar berjalan-jalan meluangkan waktu libur. Sehingga alun-alun ini tidak pernah sepi akan pengunjung.

Alun-alun ini juga sering di gunakan kumpul-kumpul komunitas sekedar nongkrong bersama. Pemandangan yang menarik dengan udara segar. Serta banyak pepohonan hijau yang pastinya akan membuat anda dan keluarga betah berlama-lama di tempat wisata malam di Lamongan ini. (Rinto)