by

Lorenzo Sulit Terkejar, Pedrosa Asapi Rossi

crash.net
crash.net

Jorge Lorenzo berhasil jadi juara di MotoGP Aragon. Ini adalah kemenangan keenamnya musim ini setelah sebelumnya Lorenzo crash di MotoGP Misano.

Pada balapan yang digelar di sirkuit Aragon, Spanyol, Minggu (27/9/2015) malam WIB, Lorenzo yang start pada posisi kedua langsung melesat ke urutan terdepan saat balapan dimulai dan tak terkejar hingga 23 lap balapan selesai.

Sementara itu Marc Marquez bernasib naas karena gagal menuntaskan balapan. Marquez sendiri cuma melalui satu lap balapan sebelum terjatuh di lap kedua saat mengejar Lorenzo. Finish di belakang Lorenzo Dani Pedrosa (Repsol Honda) yang memenangi duel sengit dengan Rossi.

Melengkapi posisi lima besar balapan ada duo Ducati, Andrea Iannone dan Andrea Dovizioso.

Jalannya Balapan

Lorenzo yang start kedua langsung melesat mengambil pimpinan balapan. Sementara itu Marquez yang meraih pole position malah melorot ke posisi ketiga dan Andrea Iannone di posisi kedua.

Pada tikungan kelima, Marquez lantas menyalip Iannone untuk kembali mengejar Lorenzo dari posisi kedua, rekan setim Marquez, Dani Pedrosa kini berada di posisi keempat setelah berhasil menyalip Pol Espargaro.

Sementara itu pembalap Italia Valentino Rossi tidak memulai balapan dengan baik di mana dia tertahan di posisi keenam.

Memasuki lap kedua, Marquez yang di tikungan ke-12 terjatuh dan terseret keluar lintasan sampai ke gravel.

Baca juga:  Era Anies, Persija Juara Liga 1 2018 setelah 17 Tahun

Padahal sebelum terjatuh Marquez tepat membayangi di belakang Lorenzo dengan hanya selisih 0,2 detik!, alhasil peluang untuk menjadi juara di musim ini pun pupus, hal itu terlihat ketika Marquez memperlihatkan kekecewaannya saat tidak mampu melanjutkan balapan.

Di lap selanjutnya Pedrosa mengambil posisi kedua dari Iannone. Lalu di la keempat giliran Rossi yang menyalip menyalip Iannone di posisi ketiga. Sementara Lorenzo jauh di depan sendirian memimpin balapan.

Lap demi lap berlalu, Pedrosa berusaha sekeras mungkin memangkas jarak waktu dengan Lorenzo di depan. Di lap ke-9 Pedrosa sempat dekat dengan Lorenzo sebelum di lap ke-12, Lorenzo menaikkan lagi jarak jadi 2,8 detik.

Memasuki lap ke-18, Rossi semakin dekat dengan Pedrosa di posisi kedua. Meski demikian, Pedrosa berusaha terus menjauhkan diri dari kejaran Rossi. Di lap ke-19 kejaran-kejaran terjadi antara Pedrosa dan Rossi untuk posisi kedua semakin ketat. Salip-menyalip pun sempat terjadi beberapa kali di antara mereka yang akhirnya dimenangi Pedrosa.

Lorenzo sendiri sudah jauh di depan dan semakin dekat dengan kemenangan keenamnya musim ini. Pada akhirnya Lorenzo memang jadi pembalap pertama yang melihat bendera finish.

Sementara, Pedrosa dan Rossi lagi-lagi terlibat duel untuk memperebutkan posisi kedua di lap terakhir. Mendekati garis finish, Pedrosa akhirnya bisa mempertahankan posisi kedua tersebut dan Rossi harus puas finish posisi ketiga.

Baca juga:  Duo Ducati Bikin Kejutan, Lorenzo Juara MotoGP Italia Diikuti Dovizioso

Berikut Hasil lengkap MotoGP Aragon:

Pos-Pembalap-Tim-Waktu
1. Jorge Lorenzo (Spanyol) Yamaha 41:44.933
2. Dani Pedrosa (Spanyol) Honda 41:47.616
3. Valentino Rossi (Italia) Yamaha 41:47.706
4. Andrea Iannone (Italia) Ducati 41:52.791
5. Andrea Dovizioso (Italia) Ducati 42:09.255
6. Aleix Espargaro (Spanyol) Suzuki 42:09.762
7. Cal Crutchlow (Inggris Raya) Honda 42:10.300
8. Bradley Smith (Inggris Raya) Yamaha 42:10.436
9. Pol Espargaro (Spanyol) Yamaha 42:11.385
10. Yonny Hernandez (Kolombia) Ducati 42:28.822
11. Maverick Vinales (Spanyol) Suzuki 42:29.188
12. Scott Redding (Inggris Raya) Honda 42:33.109
13. Alvaro Bautista (Spanyol) Aprilia 42:34.688
14. Eugene Laverty (Republik Irlandia) Honda 42:35.204
15. Nicky Hayden (Amerika Serikat) Honda 42:35.297

Tambahan 25 poin membuat Lorenzo kini mengumpulkan 249 poin dan duduk di posisi kedua, selisih 14 poin dari Rossi yang ada di puncak klasemen dengan 263 poin. Balapan musim ini sendiri menyisakan empat seri lagi, Jepang, Australia, Malaysia, dan Valencia, untuk keduanya bersaing memperebutkan titel juara dunia.

Marquez sendiri masih tertahan di posisi ketiga dengan 184 poin. Di posisi keempat ada Iannone dan Bradley Smith di posisi kelima klasemen sementara.

loading...

Loading...

News Feed