Jokowi: Sirkuit MotoGP Mandalika Selesai 2020

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Lombok. Di kawasan ini juga akan dibangun sirkuit balapan MotoGP yang akan selesai di tahun 2020.

Dalam peninjauannya di KEK Mandalika, tepatnya di Pantai Kuta, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat (17/5/2019), Jokowi juga sempat membahas rencana pembangunan sirkuit MotoGP. Jokowi ingin sirkuit itu segera dikerjakan.

“Kami juga ingin segera fasilitas yang berkaitan dengan MotoGP 2021 juga segera dikerjakan,” kata Jokowi

Jokowi mengatakan berbagai fasilitas sudah dibangun untuk mendukung KEK Mandalika dan sirkuit MotoGP. Di antaranya bandara, infrastruktur jalan hingga hotel.

“Sehingga kami harap konstruksi (sirkuit) paling lambat dimulai Januari 2020, sehingga 2020 semua fasilitas yang diinginkan oleh MotoGP betul-betul sudah siap. Sehingga mereka yakin, dan juga harapan kita di 2021 betul-betul bisa melihat bersama sama MotoGP diselenggarakan di Mandalika Lombok, NTB, Indonesia,” kata Jokowi.

Baca juga:  Heboh, Rossi Bisa Pecahkan Rekor Berusia 29 Tahun

Jokowi menambahkan, dengan adanya perhelatan MotoGP tentu saja akan berdampak pada perekonomian di Lombok. Bahkan bisa berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi nasional.

“Kami harapkan ada sebuah titik pertumbuhan ekonomi baru yang secara agregat nasional bisa memberikan support pada pertumbuhan ekonomi nasional.

Sementara itu, terkait dengan urusan sengketa lahan, Jokowi menegaskan akan segera diselesaikan dengan cara yang baik. Tentu saja dengan mendengarkan masukan dari masyarakat.

“Itu urusan ITDC dengan gubernur. Pendekatan-pendekatan. Analisis lapangan, bagaimana mendekati, diajak bicara. Kita bisa bicara kok. Ngapain harus ngotot-ngototan,” katanya.

Direktur Utamna ITDC Abdulbar M Mansoer mengatakan agenda MotoGP di Indonesia sudah mendapatkan lisensi dari Dorna Sports sebagai pihak penyelenggara MotoGP. Dia juga menegaskan pembangunan sirkuit MotoGP di Mandalika, Lombok akan selesai satu tahun.

Baca juga:  Kemenpora Nyatakan Indonesia Gelar MotoGP di Palembang Mulai 2018

“Kami baru akan bangun treknya di September 2019. Insyaallah dalam setahun akan selesai, sehingga akhir 2020 akan selesai. Jadi siap di 2021 akan berlangsung di Mandalika Street Race Sircuit. Di sini fitur dari Mandalika Street Race Sircuit yang istimewa, ini menjadi sirkuit MotoGP pertama yang berupa street Sircuit di mana di saat balap akan diadakan acara balap, dan saat tidak ada balap akan dijadikan jalan lingkar. Sehingga efisien bagi kami selaku pengelola destinasi,” jelasnya.[detik]