Isoman di Hotel Berbintang 3 Gunakan Anggaran Negara, Pengamat: DPR Pengkhianat Rakyat

Uncategorized

Anggota DPR Pengkhianat rakyat dengan menggunakan anggaran negara melakukan isolasi mandiri (isoman) di hotel berbintang tiga.

“Saat pandemi dan anggota DPR melakukan isoman di hotel berbintang tiga menggunakan anggaran negara. Ini anggota DPR pengkhianat rakyat,” kata pengamat politik Muslim Arbi kepada www.suaranasional.com, Rabu (28/7/2021).

Menurut Muslim, anggota DPR tidak perlu menghamburkan uang negara untuk isoman. “Masih banyak rakyat yang kelaparan di saat pandemi Covid-19 justru DPR menunjukkan sikap yang tidak simpati,” jelasnya.

Kata Muslim, DPR sebagai wakil rakyat harus meminta Presiden Jokowi menerapkan UU Kekarantinaan Kesehatan sehingga kebutuhan warganya tercukupi. “DPR justru bersekutu dengan pemerintah dengan tidak memikirkan rakyat di saat pandemi Covid-19,” ungkap Muslim.

Sekretariat Jenderal Dewan Perwakilan Rakyat menyediakan fasilitas hotel untuk isolasi mandiri bagi anggota Dewan yang positif Covid-19.

Sekretaris Jenderal DPR Indra Iskandar mengatakan, ada dua hotel bintang tiga yang digandeng untuk bekerja sama. “Kami bekerja sama dengan Hotel Ibis dan Oasis,” kata Indra, Selasa (27/7/2021) dikutip dari tempo.

Fasilitas yang akan diterima yakni paket isolasi tujuh malam dengan tiga kali makan pagi, laundry tiga potong pakaian per hari, konsultasi dokter melalui telepon setiap hari, kunjungan dokter atau perawat dua sampai tiga kali dan pemberian vitamin, satu kali tes PCR, serta gratis wifi, dan parkir. Fasilitas ini tertera untuk isolasi mandiri di Hotel Oasis, Senen, Jakarta Pusat.

Menurut Indra, hotel-hotel yang dipakai ini juga dipakai oleh instansi pemerintah lainnya untuk isolasi mandiri. Dia juga mengatakan ketentuan untuk menyediakan fasilitas isolasi mandiri itu telah diatur dalam Surat Edaran Direktur Jenderal Perbendaharaan Negara Nomor 369 Tahun 2020 dan Nomor 308 Tahun 2020.