Brigadir Jenderal TNI Gugur di Papua, Politikus Demokrat Pertanyakan Kinerja Jokowi

Uncategorized

Kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) dipertanyakan atas gugurnya Kepala BIN Papua Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Karya Nugraha yang ditembak kelompok separatis dan teroris di Bumi Cendrawasih.

“Baru sekarang ini loh terjadi Brigjen tewas. Ngapain kalian itu ngapain aja kerjanya sih @jokowi,” kata politikus Demokrat Taufik Rendusara di akun Twitter-nya @TRendusara.

Menurut Taufik, sejak Indonesia merdeka, baru kali ini seorang berpangkat jenderal meninggal ditembak kelompok separatis. “Sejak Indonesia merdeka dalam sejarah republik, baru kali ini seorang brigjen meninggal dunia,” ungkapnya.

Taufik juga mengucapkan berduka cita atas gugurnya kepala BIN Papua Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Nugraha Karya. “Semoga pengabdian dan amal ibadah Almarhum diterima di sisi Tuhan Yang Maha Kuasa,” kata Taufik.

Kepala Daerah Papua, Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Karya Nugraha, gugur saat baku tembak dengan kelompok separatis dan teroris Papua.

Aksi penembakan yang menewaskan Kabinda Papua itu terjadi di Kampung Dambet, Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Papua, pada Minggu, 25 April 2021.

Deputi VII BIN, Wawan Hari Purwanto, menjelaskan kronologi kejadian tersebut. Berawal ketika Kabinda Papua bersama rombongan BIN serta anggota TNI-Polri tengah melakukan patroli.

Patroli yang dilakukan di Kampung Dambet itu dalam rangka observasi lapangan, guna mempercepat pemulihan keamanan pasca aksi brutal KKB Papua di wilayah tersebut.

Selain itu, kata Wawan, kunjungan pimpinan tertinggi BIN Papua di lapangan juga sebagai upaya meningkatkan moril dan semangat kepada masyarakat setempat.