PBNU Benarkan Pernyataan Gus Iqdam, Palestina Aman

Palestina aman sebagaimana diungkapkan pendiri Majelis Ta’lim Sabilu Taubah asal Blitar Muhammad Iqdam Kholid (Gus Iqdam).

“Saya berharap masyarakat jangan mudah diprovokasi berita hoaks, apa yang diceritakan Gus Iqdam memang benar. Dan, tidak berarti dia tidak membela Palestina, saya yakin dia juga anti-Israel,” kata Ketua PBNU Ahmad Fahrurrazi (Gus Fahrur) dalam keterangannya, Kamis (14/3).

Gus Fahrur mengatakan lokasi perang bukan di wilayah Masjid Al Aqsa seperti yang diceritakan Gus Iqdam, melainkan jauh di kawasan Gaza yang masih menjadi bagian Palestina.

“Bahwa daerah konflik jalur Gaza masih berjarak ratusan kilometer dari masjid. Adapun masjid Al Aqsa dalam wilayah kekuasaan tentara Israel sepenuhnya di Yerusalem,” kata dia.

Gus Fahrur lantas menceritakan pengalamannya berkunjung ke kawasan Masjid Aqsa. Menurutnya, jalan menuju kawasan tersebut dijaga tentara Israel.

Baginya, kawasan tersebut menjadi kontrol tentara Israel agar tak ada pihak yang diduga ‘teroris’ versi militer Negara Yahudi itu masuk ke kawasan tersebut.

“Bagi yang belum ke sana, mungkin dikira satu area. Saya sudah dua kali pergi ke sana. Beda wilayah. Masjid dalam wilayah kontrol penuh tentara Israel, jadi tidak ada perlawanan senjata,” kata dia.

“Saya juga dulu bersama Gus Yahya di tes baca Al-Fatihah. Gus Ipul Al-Baqarah,” tambahnya.