Hak Angket, Akankah Hanya Omon-omon Belaka?

Oleh: Tardjono Abu Muas, Pemerhati Masalah Sosial

Wow….akhir-akhir ini sedang viral soal wacana Hak Angket DPR RI yang sudah lama nyaris tak terdengar bak iklan produk minyak angin: wes..ewes..ewes buablas angine, masuk angin terus digosok minyak angin lalu hilang anginnya dari peredaran.

Demikian pula, sebagian rakyat berharap-harap cemas soal bergulirnya wacana Hak Angket hingga ada yang berseloroh: Owalah…Hak Angket paling hanya omon-omon belaka, benarkah demikian adanya?

Satu sisi patut dimaklumi jika rakyat berharap-harap cemas soal jadi atau tidaknya Hak Angket DPR jika mengingat kinerja wakil rakyat selama ini, di sisi lain rakyat merasakan kondisi kebernegaraan kekinian dalam keadaan yang sedang tidak baik-baik saja tentu rakyat yang diwakilinya sangat berharap Hak Angket DPR “bukan sekadar omon-omon belaka.

Baca juga:  Hak Angket Mundur, Pengadilan Rakyat Siap Tempur

Jika Hak Angket DPR hanya omon-omon belaka, sementara rakyat sangat berharap kepada para wakil rakyat yang konon terhormat merealisaikannya, lantas yang duduk di ruang yang konon terhormat itu siapa mewakili siapa?

Kredibilitas para anggota dewan kali ini sedang dipertaruhkan di depan rakyat yang telah mewakilkan. Jangan sampai kepercayaan rakyat terhadap segenap anggota parlemen lentur dan luntur akibat dari sebagian anggota parlemen yang menolak digelarnya Hak Angket DPR. Jika hal ini terjadi maka sangat mungkin terjadi parlemen jalanan oleh rakyat, tentu kondisi ini sangat tidak kita harapkan bersama.

Baca juga:  Omon-omon DPR dan Parpol Soal Hak Angket, Membalut Fakta Politik Hipokrit dengan Framing Citra Aspiratif