Political Strategist SMRC: Kenapa Hamas tak Membuat Shelter untuk Melindungi Warga Palestina?

Hamas yang berkuasa di Gaza tidak membuat shelter untuk melindungi warga Palestina padahal sudah membuat kilometer terowongan untuk melawan Israel.

“Selama 16 tahun berkuasa di Gaza, hamas sudah bangun ratusan km terowongan. Kenapa tidak bikin satu shelter pun untuk melindungi warga sendiri?” kata Political Strategist SMRC Muchlis A Rofik di akun X (Twitter), Senin (6/11/2023).

Hamas bilang, warga Gaza bukan tanggung jawabnya. Mereka pengungsi, dan karena itu keamanannya jadi tanggung jawab PBB. “Pernyataan Hamas soal tanggungjawab melindungi warga ini menurut jurnalis senior Mesir Ibrahim Eissa menggelikan dan memalukan,” jelasnya.

Bagaimana bisa? Lha Hamas mengkudeta Fatah untuk berkuasa di Gaza buat apa? Mereka membunuhi pasukan Fatah, menjatuhkan mereka dari atap gedung, buat apa?

“Tugas Pemerintah di mana pun, pertama-tama ya melindungi warga. Menjaga kedaulatan tanah dan air. Kalau Hamas lepas tanggung jawab melindungi warganya, ya kalau gitu turun dari kekuasaan. Terus aja perang sendiri. Terus aja sembunyi di terowongan. Jangan mengklaim sebagai Pemerintah Gaza!” kata Ibrahim Eissa.

Gugatan dan pertanyaan penting kepada Hamas seperti ini patut juga kita dengar. Dan kita sebar.

“Karena media-media kita tidak mungkin memuatnya. Tidak ada yang berani,” ungkapnya.