Persoalan Kamtimnas di Kota Wamena, Ketua APIB Papua Pegunungan Minta Pemerintah Berikan Solusi

Pemerintah pusat harus memberikan solusi berbagai persoalan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtimnas) di Wamena, Kabupaten Jayawijaya.

“Persoalan Kamtimnas di Wamena, Pemerintah harus memberikan solusi,” kata ketua APIB Papua Pegunungan Sonni Lokobal dalam pernyataan kepada redaksi www.suaranasional.com, Ahad (24/9/2023).

Sonni mengatakan, kesenjangan ekonomi di Wamena menjadi salah satu pemicu persoalan Kamtimnas. “Pemerintah pusat maupun daerah bisa melakukan pemberdayaan ekonomi sehingga tidak muncul masalah Kamtimnas,” ungkapnya.

Kata Sonni, potensi ekonomi di Wamena tidak dimanfaatkan secara maksimal termasuk melibatkan berbagai stakeholder. “Semua pihak harus dilibatkan agar ada peningkatan ekonomi warga Wamena,” jelasnya.

Pengawasan publik, kata Sonni juga menjadi faktor munculnya persoalan Kamtimnas di Kota Wamenaa. “Minimnya pendidikan dalam keluarga, minimnya spiritualitas kerohian individu, minimnya kegiatan pemuda serta minimnya akulturasi budaya lokal dalam menjaga kelestarian juga menjadi faktor pemicu Kamtimnas di Wamena,” ungkapnya.

Selain itu, ia melihat DPRK yang menjadi aspirasi rakyat sudah tidak berfungsi. “DPRK tidak menjalankan tugas secara baik,” papar Sonni.