Peta Baru Koalisi Anies-Cak Imin, PPJNA 98: Putaran Kedua Anies-Cak Imin Vs Ganjar dan Anies-Cak Imin Pemenangnya

Peta baru koalisi Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Anies-Cak Imin) akan masuk putaran kedua di Pilpres 2024 dengan berhadapan Ganjar. Pada Putaran kedua, Anies-Cak Imin pemenangnya.

Demikian dikatakan Ketua Umum PPJNA 98 Anto Kusumayuda dalam pernyataan kepada redaksi www.suaranasional.com, Sabtu (2/9/2023). “Suara Anies-Cak Imin mendapat limpahan dari suara pendukung Prabowo pada putaran kedua,” ungkapnya.

Kata Anto, kalangan NU di pulau Jawa sangat solid mendukung Muhaimin Iskandar. “Apalagi tokoh-tokoh kiai ternama sudah meminta warga NU untuk mendukung Cak Imin dan PKB,” paparnya.

Dukungan NU dan PKB, kata Anto akan menguatkan suara paslon Anies-Cak Imin. “Pengalaman Pilkada Jateng 2018 Sudirman Said-Ida Fauziyah menunjukkan kekuatan PKB dan NU bisa mengimbangi suara PDIP. Jateng itu basis Banteng tapi kekalahan Sudirman-Ida Fauziyah tidak terlalu jauh dengan Ganjar-Gus Yasin,” jelasnya.

Anto mengatakan, NU struktural baik tingkatan PWNU, MWCNU, PCNU dan Ranting NU mempunyai hubungan baik dengan pengurus PKB di daerah. “Hubungan baik telah dijalin Cak Imin selama bertahun-tahun,” ungkap Anto.

Jawa Timur sebagai basis suara terbanyak, menurut Anto sudah dikuasai PKB.

“Tapal Kuda sampai Madura sudah bulat mendukung Cak Imin. Hanya Jawa Timur kawasan Mataraman seperti Madiun, Blitar, Pacitan, Ponorogo, Kediri Ngawi yang dikuasai PDIP. Namun Kediri dengan basis pesantren PKB bisa unggul,” jelasnya.