Anies-Cak Imin, Muslim Arbi: Semua Capres-Cawapres 2024 di Bawah Kendali Jokowi

Munculnya Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Anies-Cak Imin) menunjukkan semua pasangan calon di Pilpres 2024 di bawah kendali Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Demikian dikatakan pengamat politik Muslim Arbi dalam pernyataan kepada redaksi www.suaranasional.com, Kamis (31/8/2023). “Apalagi Surya Paloh yang menentukan Cak Imin jadi cawapres Anies. Surya Paloh pun sudah melaporkan ke Jokowi,” ungkapnya.

Menurut Muslim, Jokowi ingin menguatkan hegemoni setelah tidak berkuasa dengan memasang orang-orangnya sebagai capres dan cawapres. “Cak Imin itu orangnya Jokowi dan tidak dalam oposisi,” paparnya.

Kata Muslim, semua paslon di Pilpres 2024 akan masuk pemerintah siapapun yang berkuasa. “Anies akan ditarik menjadi menteri jika kalah di Pilpres 2024,” jelas Muslim.

Terkait posisi Demokrat, kata Muslim, ada kemungkinan membentuk koalisi baru dengan mengajak PKS, PPP. “Ada kemungkinan AHY-Sandiaga Uno. Demokrat lebih terhormat membangun koalisi baru daripada ikut Prabowo, Anies maupun Ganjar,” ungkapnya.