Budiman Sudjatmiko Bantah PDIP Bayari Utang Pribadinya

Budiman Sudjatmiko membantah pernyataan politikus PDIP Deddy Sitorus yang menyebut Partai berlambang Banteng Moncong telah melunasi utang mantan aktivis PRD yang nilainya mencapai miliran rupiah.

“Kalau ada urusan pribadi saya tidak pernah membebani partai,” ujar Budiman usai menghadiri Kopi Darat Nasional (Kopdarnas) yang digelar Partai Solidaritas Indonesia (PSI) di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Selasa (22/8/2023) malam.

Budiman mengatakan tudingan Deddy tersebut masih dangkal dan perlu menelisik lebih lanjut. “Jadi pernyataan itu menurut saya hanya menunjukan bahwa mungkin cara berpikir orang yang mengatakan itu ya seperti itulah, seperti ikan, dia pikir seluruh dunia itu adalah air, padahal di atas ada banyak hal,” kata Budiman.

Selain itu, ia mengatakan, dukungan ke Prabowo tidak membicarakan jabatan jika mantan Danjen Kopassus sebagai pemenang di Pilpres 2024.

“Nggak ada, saya tidak pernah bicara soal itu. Nggak ada pembicaraan soal menteri, tidak ada pembicaraan soal posisi apapun,” papar Budiman.

Kendati demikian, ia tentu akan mempertimbangkan jika adanya tawaran-tawaran untuk menduduki kursi menteri. “Tentu saja akan saya pertimbangkan (jika ditawari posisi menteri), tetapi pengandaian seperti itu seperti apa ya, seperti menggantang asap (perbuatan yang sia-sia). Karena pemilunya kan juga belum, dan kita juga enggak tahu siapa yang akan menang,” ujar Budiman.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, politikus PDI Perjuangan, Deddy Yevri Sitorus menyinggung soal utang Budiman Sudjatmiko. Menurut Deddy, partai selalu membantu keuangannya.

“Karena bertahun-tahun dia di PDIP itu kita bukan hanya masalah politiknya, masalah utang-utang pribadinya kita beresin, supaya menjaga nama baiknya,” kata Deddy. Deddy tidak menjelaskan perihal utang tersebut. Deddy menantang Budiman untuk mengungkapkannya sendiri.

“Suruh saja dia mengaku tuh apa saja yang sudah kita bantu urusannya, bukan urusan ratusan juta, miliaran. Belum lagi dia selalu beri panggung terhormat di partai, jadi pembicara, narasumber, segala macam,” ucap Deddy.