Bos Lion Air Group Rusdi Kirana Jadi Bacaleg DPR No 1 PKB Dapil Jatim VIII

Bos Lion Air Group Rusdi Kirana menjadi bakal calon legislatif (Bacaleg) DPR No 1 Jawa Timur (Jatim) VIII meliputi Jombang, Madiun, Mojokerto, dan Nganjuk.

Rusdi menggeser kakak Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) Abdul Halim Iskandar. Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) menempati posisi 2 Bacaleg DPR Jatim VIII.

Di dapil ini, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mengusung Ema Umiyyatul Chusnah, putri Bupati Jombang Mundjidah Wahab. Bacaleg petahana tersebut berada di urutan pertama, disusul Abdul Rokhim, lalu Gugus Joko Waskito.

Dari PDI-P, ada nama Sadarestuwati, anggota DPR RI dan Saleh Ismail Mukadar, mantan Ketua Umum Persebaya.

Kemudian di dapil yang sama, Partai Golkar mengusung antara lain Yahya Zaini dan tokoh muda dari kalangan pesantren di Jombang, M Sholahul Am Notobuwono.

Sementara dari Partai Gerindra, ada sosok bacaleg dari kalangan pesantren, yakni Mochammad Irfan Yusuf. Irfan Yusuf merupakan putra dari mantan pengasuh Pesantren Tebuireng, KH Yusuf Hasyim. Irfan yang juga merupakan cucu pendiri Nahdlatul Ulama (NU) dan saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Partai Gerindra.

Diberitakan sebelumnya, KPU merilis 9.925 bakal calon anggota legislatif (bacaleg) dari 18 partai politik peserta Pemilu 2024 dalam DCS DPR RI. Koordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU RI Idham Holik menyebut, 9.925 bacaleg ini merupakan hasil verifikasi dari total 10.323 bacaleg yang didaftarkan pada Mei 2023.