Gus Ipul Isyaratkan Ingin Jadi Ketum PKB

Sekjen PBNU Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mengisyaratkan ingin menjadi Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menggantikan Muhaimin Iskandar (Gus Imin). Selama ini Ketua Umum PKB dijabat Gus Imin dan belum pernah digantikan.

“Kemarin saya ditanya wartawan, apakah memang ada upaya-upaya dibantu oleh untuk itu (regenerasi PKB) saya bilang tidak ada, itu biasa saja. Kalau memang ada isu pergantian itu biasa saja, dan itu tidak istimewa,” kata Gus Ipul, Kamis (18/4/2024).

Kata Gus Ipul, PBNU sudah beberapa kali ganti Ketua Umum namun di PKB belum ada pergantian. “Ketua Umum NU berulang kali sudah ganti, itu biasa saja. Dan PKB juga didirikan oleh NU,” jelasnya.

Baca juga:  Astaghfirullah, Warga NU Pasuruan Nyabu Sambil Indehoy

Gus Ipul mengatakan pergantian merupakan hal biasa. Dia berharap pergantian bisa diterima sebagai proses dari berorganisasi.

“Ini biasa, dan ini diharap diterima sebagai bagian dari proses organisasi, proses partai dan yang lebih penting lagi dan sering disampaikan oleh teman-teman PKB, menyadari betul partai ini didirikan oleh NU, dan pergantian tertinggi NU adalah rois Aam, dan saya minta PKB untuk minta nasihat, tapi sampai sekarang tidak pernah ada komunikasi,” ucapnya.

Gus Ipul menyampaikan sampai saat ini tidak pernah ada komunikasi antara PKB dengan PBNU terkait regenerasi tersebut.

Baca juga:  Cak Imin Sindir Jokowi Plongo-Plongo dan Pringas-Pringis?

“Iya tapi selama ini tidak pernah ada komunikasi. Kita harus menyadari bahwa kesetiaan terbesar terhadap Nahdlatul Ulama, banom-banom di NU juga selalu melakukan regenerasi dan pergantian. Belum pernah, sejak sebelum pilpres belum ada (komunikasi PKB dan NU),” jelasnya.