Jika Gibran Jadi Cawapres Prabowo, Jokowi akan Kerahkan Relawannya

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengerahkan relawannya jika Gibran Rakabuming Raka (Gibran) menjadi calon wakil presiden (cawapres) Prabowo Subianto.

“Kalau (Gibran) di 08 (koalisi Prabowo) itu melengkapi posisinya (Prabowo). Jadi komplementer,” ujar Direktur Arus Survei Indonesia, Ali Rif’an, Rabu (2/8) dikutip RMOL.

Dia menjelaskan, belakangan Jokowi telah menunjukkan kecenderungan mendukung Prabowo, ketimbang mendukung capres PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo.

Hal tersebut, menurutnya ditunjukkan Jokowi dari perubahan sikap politik sejumlah kelompok relawan mendeklarasikan mendukung Prabowo.

“Kedua, memang ada kesan Presiden lebih percaya mesin relawan daripada mesin partai. Itulah yang menyebabkan ada istilah dari petinggi PDIP deparpolisasi keadaan relawan itu,” katanya.

Oleh karena itu, doktor komunikasi politik Universitas Indonesia itu meyakini, Jokowi tengah mendesain pencalonan Gibran bersama Prabowo di Pilpres 2024.

“Dan kalau kita perhatikan ini kan manuver-manuver relawan yang hari ini sudah banyak berlaku di 08 itu satu sinyal, ada kemungkinan ada desain lain yang nantinya itu akan dilegitimasi oleh Presiden (Jokowi),” ungkap Ali