Masukan DPP APIB kepada Tim Anies Baswedan

Ketua DPP APIB, Ir. Tuti Mulyani Fairus didampingi Sekjen APIB Ir. Erick dan Dr.Ir.Memet Hakim sebagai penasihat telah memberikan masukan kepada tim Anies yang dipimpin oleh Fazlur Rahman Hassan ST pada Rabu, 12 Juli 2023.

Tim Anies diharapkan memperhatikan pencegahan timbulnya masalah ketidak adilan dibidang hukum, ekonomi dan sosial. Selain itu agar fokus memperhatikan sektor pertanian agar kedaulatan pangan dapat dicapai. Agar memiliki landasan hukum yang kuat perlu ada. Dekrit presiden kembali ke UUD 45.

Untuk menghilangkan atau mengurangi ketimpangan ekonomi dan kemiskinan, diperlukan kebijakan ekonomi dan anggaran yang pro rakyat, seperti misalnya kredit dan APBN mayoritas diperuntukan bagi rakyat pribumi dengan suku bunga yang lebih ringan.

Hutang besar yang ditinggalkan rejim saat ini dapat dibayar dari : penghematan di segala bidang, penerapan Production Saring Contract pada sektor pertanian & pertambangan secara benar.

Untuk meningkatkan pendapatan batasi/stop impor pangan, genjot ekspor, perketat cash outflow, perbaiki system currency. Dengan demikian peredaran uang bida meningkat dan pendapatan petani dan ukm akan meningkat.

Perbaikan kesejahteraan bagi rakyat berpenghasilan rendah bisa dilakukan dengan membebaskan biaya pendidikan, kesehatan, pajak, listrik, air bersih. Meningkatkan kesempatan kerja, dengan membangun industri berbasiskan pertanian, mengembalikan tka cina. Meningkatkan subsidi pada sarana produksi pertanian seperti pupuk, kebutuhan nelayan/petambak, dll.

Seperti diketahui presiden dan pendukungnya sangat tidak suka pada Anies yang sikapnya lebihembela rakyat. Ketidaksukaan ini diperlihatkan secara vulgar dan terkesan ingin menjatuhkan Anies fengan segala cara. Oleh karena itulah saat ini dibutuhkan juru bicara yg lebih banyak untuk berbagai lapisan rakyat sampai ketingkat akar rumput dan surveyor yang netral.

Juru bicara dan surveyor dimaksudkan untuk menghadapi serangan kubu rejim yang tidak pernah berhenti, agar rakyat tidak terpengaruh berbagai berita miring tersebut.

Masukan lainnya agar Anies dijaga ketat dari segala kemungkinan, supaya keamanannya terjamin.

Jakarta, 12 Juli 2023
Memet Hakim
Pengamat Sosial