Ngeri, Wartawan Tempo Bongkar Erick Thohir Mau Beresin Cak Imin

Erick Thohir berambisi menjadi calon wakil presiden mendampingi Prabowo Subianto dengan cara membereskan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dengan dukungan Presiden Jokowi.

“Setelah itu PAN ketemu Gerindra. Gerindra bilang pembicaraan Erick Thohir lebih kental asal bisa beresin Cak Imin. Kata Erick Thohir ke orang-orang Gerindra mau beresin Cak Imin kalau dukung lurah 100 persen. Dia menakar dukungan lurah baru 80 persen,” kata wartawan Tempo Francisca Christy Rosana di podcast Tempo Bocor Alus beberapa waktu lalu.

Fransisca juga mengungkapkan pertemuan rombongan DPP PAN dengan Megawati Soekarnoputri di kantor DPP PDIP Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat.

“PAN sudah dikunci Erick. Waktu PAN ketemu Megawati di DPP PDIP Jalan Diponegoro Zulkifli Hasan (Zulhas) ketemu Megawati, pembicaraan Zulhas membawa tiga poin. Pertama, Erick Thohir Cawapres, Kedua, koalisi pembicaran logistik. Ketiga portofolio kabinet,” ungkapnya.

Kata Fransisca, ketika bertemu dengan Megawati, Zulhas meminta empat jabatan menteri untuk syarat berkoalisi dengan PDIP.

“PAN minta 4 Menteri: 1 Menko, 2 Menteri ekonomi, 1 menteri non ekonomi. Saat pembicaraan soal Erick Thohir ini. Megawati ayep ‘banyak yanng ngajuin cawapres ke saya’,” paparnya.

Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno mengatakan PAN menyodorkan nama Erick Thohir sebagai calon wakil presiden dalam pertemuan dengan elite Gerindra pada Senin (5/6) sore ini.

Dia menuturkan Erick ibarat menu wajib PAN dalam tiap pertemuan dengan parpol. Menurutnya, Menteri BUMN itu punya kedekatan dengan PAN.

“Erick Thohir itu sudah sangat kental dengan PAN. Bisa disebut Pak Erick itu masuk dalam menu wajib pertemuan kami,” ujar Eddy dalam konferensi pers usai pertemuan di kantor DPP PAN, Jakarta, Senin (5/6).

Eddy menjelaskan PAN membuka komunikasi dan silaturahmi politik dengan semua parpol, termasuk Gerindra. Ia mengatakan komunikasi politik ini demi mencari pasangan calon presiden dan calon wakil presiden terbaik.

“Kita mencari kecocokan untuk pasangan calon terbaik,” ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Sekjen Gerindra Ahmad Muzani mengatakan siapapun nama yang diusulkan PAN merupakan orang-orang terbaik. Ia menuturkan bakal menyampaikan tawaran PAN kepada Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto.

“Kami menyimak bersama. Kemudian kami akan menyampaikan hasil pembicaraan itu kepada Pak Prabowo Subianto,” ujar Muzani.