PDIP Korban Survei Elektabilitas Abal-abal

Oleh : Indra Adil (Eksponen PKM IPB 77/78)

Sampai saat ini baik melalui survei elektabilitas Kompas, Twitter, Google ataupun yang sejenisnya, yang bisa dipastikan jauh lebih objektif katimbang Lembaga-lembaga Survei Abal-abal yang ada yang memang didirikan untuk mencari Cuan, Elektabilitas Ganjar selalu berada di bawah 10 %. Sungguh menyesakkan! PDIP yang Partai Besar tetapi Miskin Kader Berkualitas, ternyata terjebak oleh Skenario Taypan Konglo yang mengusung Calon Bonekanya dengan cara Menyewa Lembaga-lembaga Survei Abal-abal untuk meninggikan Elektabilitas Bonekanya itu ke Tingkat yang Tak Masuk Akal Sehat. Bagaimana bisa Masuk Akal Sehat, bila Track Record Bonekanya tersebut berada seperti di bawah ini :

1. Ganjar adalah Capres Kader Partai yang pernah mendapat Teguran Keras dari partainya sendiri akibat Pembangkangan Terhadap Perintah Partai untuk Tidak Cawe-cawe Mencalonkan Diri Menjadi Capres sebelum ada Pengumuman Resmi Capres dari PDIP.

2. Secara Moral dan Etika sebagai Calon Presiden RI Dengan Kebanggaan Tak Tersembunyikan, Memamerkan Pengakuan Hobi Memonton Film-film Porno melalui Media Podcast Ternama Dedy Corbuzier Tanpa ada Rasa Risi sedikit pun. Sebuah Pameran Kebobrokan Moral yang dipertontonkan kepada Jutaan Rakyat Indonesia oleh seorang Calon Presiden Republik Indonesia.

3. Saat menjabat Gubernur Jawa Tengah membela Investor Tambang yang jelas-jelas Merusak Lingkungan Hidup Daerahnya sendiri dalam Kasus Wadas yang Fenomenal itu. Bahkan Mengancam Rakyatnya sendiri dengan menggunakan Kekuatan Aparat Kepolisian. Bagaimana mungkin Masyarakat Indonesia akan Memilih Capres yang mempunyai Track Record Mengancam Rakyatnya sendiri yang notabene Wajib Dilindunginya?

4. Setelah dipimpin Ganjar Pranowo, Kemiskinan di Jawa Tengah justru Naik ke Peringkat Lebih Tinggi. Meskipun Departemen Dalam Negeri mencoba meningkatkan Kredibilitas Ganjar Pranowo dengan memberikan Penghargaan sebagai Gubernur Terbaik Indonesia Tahun 2022, masyarakat terbatas pun tidak ada yang merespon pemberian Penghargaan tersebut, bahkan Media nyaris tak memberitakannya sama sekali sehingga hampir tak terdengar gemanya.

5. Buruh-buruh di Jawa Tengah tidak berminat mendukung Ganjar Pranowo sebagai Capres RI karena Tingkat Upah Minimum Regional (UMR) Jawa Tengah termasuk UMR Terendah di propinsi-propinsi di Indonesia, menunjukkan bahwa Ganjar lebih berpihak kepada Pengusaha ketimbang kepada Buruhnya yang notabene adalah Rakyat yang Wajib Dibela Kesejahteraannya.

6. Ganjar juga dikenal sebagai Pegiat Medsos Mania, yang rajin berkomunikasi dengan masyarakat secara tulisan dan rasan, sehingga lupa berhubungan langsung dengan rakyatnya sendiri secara lisan dan perasaan. Sungguh menyedihkan. Oleh karena itulah Ganjar banyak tidak mengetahui kondisi rakyatnya sendiri baik kondisi kesejahteraan maupun kondisi jalan-jalan raya di wilayahnya. Tidak heran bila datang musim hujan, wilayah-wilayah di Jawa Tengah menjadi Langganan Kebanjiran, bahkan di Ibukota Propinsinya sendiri, Semarang.

7. Banyak orang dan bahkan mantan Relawan Pendukungnya di GP Mania, Emanuel Ebenizer, memberi Kesaksian bahwa Ganjar Sombong dan Arogan. Penampilan di Medsos yang dikesan-kesankan Ramah dan Familiar jauh berbeda dengan Penampilan Sesungguhnya sehari-hari. Pemimpin itu Wajib Dekat dan Akrab dengan Rakyat tentunya.

8. Kasus Lama yang tak reda-reda, Ganjar selalu dan selalu dikaitkan dengan Kasus Korupsi E KTP yang melibatkan dana Trilyunan Rupiah saat ia menjadi Anggota DPR dari PDIP. Ditegaskan di Dalam Persidangan bahwa Ganjar Menerima Dana Suap sebesar $ 520 ribu US. Bagaimana mungkin rakyat akan Memilih Capres yang ditengarai Menerima Uang Suap Ratusan Ribu Dollar?

9. Posisi Ganjar jelas lebih buruk ketimbang Jokowi saat digadang-gadang menjadi Capres. Bila Jokowi diklaim Megawati sebagai Petugas Partai, maka kini Ganjar Pranowo diklaim Masyarakat Luas sebagai Petugasnya dari Petugas Partai.

Dengan Track Record seperti di atas, sungguh Tak Masuk Akal Sehat bila melalui Proses Pemilihan Presiden yang Wajar dan Fair Ganjar Pranowo bisa Terpilih sebagai Presiden Republik Indonesia. Beberapa faktor di bawah ini menambah berat Beban untuk Meningkatkan Elektabilitas Ganjar Pranowo :

1. Di dalam tubuh PDIP sendiri Ganjar mendapat Resistensi yang kuat dari Para Pendukung Puan yang selama hampir sepuluh tahun ini bersemangat menyiapkan Puan untuk RI 1 dan secara tiba-tiba direnggut harapan mereka begitu saja dalam waktu yang sangat singkat. Secara psikologis mereka merasa sangat tidak siap untuk menghadapi perubahan tujuan yang harus mereka jalani.

2. Para Caleg PDIP yang telah mempersiapkan diri untuk Kampanye Pemilihan Anggota Legislatif, harus bekerja keras untuk diri mereka sendiri dan sebagian sangat besar tidak peduli pada Pilpres karena Capres yang disodorkan partainya adalah rekan mereka sendiri yang mereka sudah sangat tahu “track record”, karakter dan kualitas moral rekannya tersebut. Mereka tidak berminat menggolkan rekan tersebut untuk menjadi Presiden, karena “chemistry” mereka selama ini adalah menggolkan Puan untuk menjadi Presiden atau setidaknya menjadi Wakil Presiden RI.

3. Kondisi psikologis ini sama sekali tidak dipahami oleh Ketua Umum PDIP Ibu Megawati Soekarnoputri yang menentukan sendiri Calon Presiden dari PDIP tanpa meminta masukan dari Pembantu-pembantunya yang notabene akan membantunya dalam mensukseskan Kerja Besar Pemilu dan Pilpres mendatang. Kini Megawati harus menghadapi Kenyataan Pahit Perintahnya tidak Didukung Penuh oleh Para Pembantunya bahkan sampai ke daerah-daerah. Pembelahan di dalam tubuh PDIP tidak akan bisa dikendalikan oleh siapa pun saat ini karena Perjuangan PDIP sudah keluar dari Roh dan Jiwa Soekarnoisme yang berlandaskan Marhaenisme.
Wallahu a’lam…

Baranangsiang Bogor, Kamis 19 Juni 2023.