Bekal Awal Sebagai Calon Guru Profesional, UAD dan SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta Jalin Kemitraan

Bertempat di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta, Kamis 30/03/2023 dilaksanakan penarikan PPG Prajabatan Gelombang 2 FKIP. Program ini terselenggara atas kemitraan antara SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta sebagai sekolah Mitra dengan Fakuktas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan yang berlangsung selama 3 bulan. Demikian disampaikan Kepala Sekolah SMA Muhammaadiyah 3 Yogyakarta, Fitri Sari Sukmawati, M.Pd, kepada suaranasional.com, Kamis (30/3/2023).

Menurut Fitri Sari, SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta sebagai sekolah mitra UAD melalui Program Prajab ini, telah sukses melakukan pendampingan terbimbing, mandiri, dan pengembangan untuk kegiatan desain pembelajaran, standar proses, persekolahan, manajemen sekolah dan evaluasi/assessment pendidikan kepada keenam mahasiswa FKIP yang terdiri dari 3 mahasiswa Prodi BK dan 3 mahasiawa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris.

Lanjutnya, untuk menjadi guru atau bahkan pemimpin bidang pendidikan harus mempunyai GROWTH-MINDSET. “Bahwa seorang pemimpin pembelajar harus mau terus belajar dan belajar, pentingnya mengembangkan keilmuwan dan menjadikan masalah yang muncul itu sebagai sebuah ilmu, dimana jika kita ber growth mindset atas persoalan yang muncul, kita mampu “ngudari” atau mengurai masalah menjadi sebuah partikel-partikel ilmu yang akhirnya dapat menemukan solusi,” ujarnya.

Selain itu, juga harus mempunyai responsive dan resilience, yaitu ketangguhan seorang guru harus teruji dengan munculnya berbagai masalah, tetapi selalu optimis untuk dapat mengatasinya.

Maka menurut Fitri Sari Sukmawati, dengan berbekal growth mindset, reaponsive dan resilence, guru pasti tidak ada yang mengeluh dengan beban Administrasi Pembelajaran berupa silabus dan RPP (lesson plan) yang harus disiapkan guru sebelum mengajar.

“Hal ini disebabkan guru profesional sadar bahwa merubah manusia menjadi lebih baik itu tidak akan kita dapatkan tanpa perencanaan (RPP). Jika guru sebelum mengajar tidak membuat RPP, maka jadinya akan ceramah serta menjadi sebuah formalitas menfhabiskan materi tanpa melihat perubahan detail siswa untuk mengalami perubahan lebih baik,” ujar Fitri Sari Sukmawati, M.Pd selaku Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta yang disampaikan saat sambutan acara penarikan. [ susilo aris nugroho ]