Kronologi Penusukan Kolonel (Purn) Sugeng Waras

Ketua Forum Purnawirawan Perjuangan Indonesia (FPPI) Kolonel (Purn) Sugeng Waras ditusuk orang tidak dikenal  di depan pintu gerbang perumahan Gardenia, Cimahi, Kamis (29/12/2022) jam 14.30 WIB.

Berikut ini kronologi penusukan Kolonel (Purn) Sugeng Waras:

1. Sebelum terjadinya musibah penusukan, Kolonel (Purn) Sugeng Waras melaksanakan pertemuan dengan kerabatnya di Alam Wisata Cimahi (AWC).

2. Pukul 14.15 WIB Setelah melaksanakan pertemuan dengan kerabatnya, Kolonel (Purn) Sugeng Waras meninggalkan Alam Wisata Cimahi (AWC).

3. Pukul 14.30 WIB pada saat perjalanan pulang tepatnya di depan pintu gerbang Perum. Gardenia, mobil yang dikendarai oleh Kolonel (Purn) Sugeng Waras dengan jenis kendaraan Honda Jazz Warna Silver No. Pol D 1021 YE, tiba-tiba kaca belakang mobil sebelah kanan dipecahkan oleh pelaku (nama belum diketahui) menggunakan batu. Kemudian Kolonel (Purn) Sugeng Waras menghentikan kendaraannya dan turun dari mobil.

4. Pada saat Kolonel (Purn) Sugeng Waras turun dari kendaraannya, pelaku langsung *menusukan* senjata tajam ke arah kedua kaki korban dan langsung melarikan diri menggunakan sepeda motor.

5. Setelah terjadinya penusukan ada salah satu warga masyarakat yang kebetulan melintas di TKP dan melihat Kolonel (Purn) Sugeng Waras sudah dalam keadaan tersungkur serta berlumuran darah, kemudian warga tersebut langsung membawa korban menuju RS. Cibabat Kota Cimahi untuk mendapatkan pertolongan.

6. Pukul 15.00 WIB Kolonel (Purn) Sugeng Waras tiba di RS. Cibabat Kota Cimahi dan langsung ditangani oleh pihak medis RS. Cibabat (penjahitan luka tusukan di kedua kaki korban).

7. Sampai dengan saat ini Kolonel (Purn) Sugeng Waras masih melaksanakan perawatan di RS. Cibabat, sambil menunggu anak dari Korban, “apakah akan melanjutkan perwatan di RS. Cibabat atau dipindahkan ke RS. Lain.”

C. Biodata Korban:

1. Nama : Sugeng Waras.
2. Usia : 72 Tahun.
3. Pekerjaan : Pensiunan TNI AD.
4. Alamat : Jl. Kiarasari Raya No. 36 RT. 01/01 Ds. Margasari Kec. Buahbatu Kota Bandung.

D. Biodata warga yang mengantar/menolong Kolonel (Purn) Sugeng Waras a.n Aditya Ramdani alamat Kp. Sukahaji RT. 02/16 Ds. Lebak Muncang Kec. Ciwidey Kab. Bandung.

E. Kerugian:

1. Personel : 1 Orang (LB)

a. Kaki Kanan 2 tusukan senjata tajam.
b. Kaki Kiri 2 tusukan senjata tajam.

2. Materiil : 1 Unit Ran roda empat mengalami rusak ringan (kaca belakang sebelah kanan pecah).

*II. CATATAN*

A. Motif dari penusukan terhadap Kolonel (Purn) Sugeng Waras saat ini masih dalam penyelidikan Pihak Kepolisian.

B. Saat ini pelaku penusukan masih dalam pencarian pihak Polres Cimahi.

C. Pada saat terjadinya penusukan *tidak ada* warga sekitar yang melihat kejadian tersebut, adapun warga yang mengantar ke RS. Cibabat a.n Aditya Ramdani hanya kebetulan saja melintas di TKP dan melihat Kolonel (Purn) Sugeng Waras sudah tersungkur dan berlumuran darah, sehingga Ybs berinisiatif untuk membawa Kolonel (Purn) Sugeng Waras menuju RS. Cibabat dengan menggunakan kendaraan.

D. Kolonel (Purn) Sugeng Waras jabatan Ketua FPPI (Forum Purnawirawan Perjuangan Indonesia) saat ini masih melaksanakan perawatan di RS. Cibabat Kota Cimahi.