Terkait Cawapres Anies, Forkom Relawan Anies Baswedan Kudus: Parpol Koalisi sudah Dewasa

Partai politik (parpol) yang mengusung Anies Baswedan sebagai capres sudah sangat dewasa terkait cawapres yang mendampingi mantan Rektor Universitas Paramadina Jakarta itu.

“Banyak rumor beredar bahwa ada tarik ulur soal cawapres Anies yaitu Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) atau Ahmad Heryawan (Aher) Memang penetapan cawapres merupakan sendi koalisi yang sensitif. Maka Koalisi Anies baswedan memilih: Ati ati lan Nastiti. Namun bagi ketiga parpol sudah cukup dewasa untuk hal demikian,” kata Koordinator Forum Komunikasi (Forkom) Relawan Anies Baswedan Kabupaten Kudus Bin Subiyanto M kepada redaksi www.suaranasional.com, Sabtu (12/11/2022).

Menurut Bin Subiyanto, parpol koalisi yang mengusung Anies tidak terburu-buru dalam menentukan cawapres karena cara berpikirnya jangka panjang. “Sebab, bagi Koalisi Anies Baswedan, dalam Politik perubahan bukan gunakan berfikir pendek, tetapi long march,” tegasnya.

Ia melihat, Anies Baswedan tetap sebagai dirigen yang menentukan cawapresnya sendiri tanpa intervensi pihak manapun. “Dinamika politik mengikuti Anies. Di sinilah kita melihat Anies Baswedan sebagai independent factor. Semoga selalu disadari oleh kita semua,” ungkap Bin Subiyanto.

“Rakyat terutama jutaan relawan Anies tak sabar lagi menunggu deklarasi bersama utamanya tiga parpol Nasdem Demokrat PKS,” jelas Bin Subiyanto.

Selain itu, Bin Subiyanto mengungkapkan, relawan Anies Baswedan sudah melebihi 150 organisasi. Masing-masing Kabupaten/ Kota terbentuk antara 5 sampai 25 simpul sesuai relasi jaringan. Rata-rata aktifis tiap simpul 100 kader di antara usia 60-20 tahun.

“Kekuatan masyarakat yang berprinsip; kejujuran, keberanian, keikhlasan. Kesungguhan kesederhanaan ini terus merayap dalam senyap terutama di 8.500 an di Jateng. Gerakan relawan Anies Baswedan bukan yang mencaci-maki presiden, bukan yang menyudutkan Pemerintah,” paparnya.

Dari 8.500 an desa di Jateng rata-rata 10 relawan Anies sudah siaga. Semua relawan mengedepankan ahlakul karimah, kecermatan pandang dan keluasan pemahaman politik.

“Sehingga enggan berkonflik untuk soal remeh temeh, sebab relawan Anies Baswedan bergerak bermisi untuk keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.Maka langkah selalu menjaga etika, konstitusional, menguatkan nasionalisme dan meluruskan demokrasi,” ungkapnya.