Setelah Anies tak Jabat Gubernur Ibu Kota, Ruhut Sebar Poster Bertuliskan “DKI Jakarta Kembali ke Tangan Pribumi”

Politikus PDIP Ruhut Sitompul menyindir Anies Baswedan setelah tidak menjabat Gubernur DKI Jakarta. Sindiran Ruhut terlihat rasis karena diduga menuding Anies bukan pribumi.

Ruhut menyebarkan poster bertuliskan “DKI Jakarta Kembali ke Tangan Pribumi. Ruhut memberikan komentar. “Ada-ada saja nie meme ha ha ha. Memercik air didulang terpercik muka sendiri. Ini yang namanya senjata makan tuan,” tulis Ruhut.

Selain itu, dalam kesempatan lain Ruhut menepis jika menyerang Anies karena pesanan dari pihak lain termasuk PDIP. Ruhut mengaku kerap menyindir Anies merupakan inisiasinya secara pribadi. “Oh, nggak, nggak. Murni pribadi gue. Meskipun aku kader PDIP, tapi tidak ada dari partai. Ini murni aku pribadi dari dulu,” ujarnya.

Ruhut pun meragukan upaya Anies yang merangkul umat beragama lain di setiap perayaan agama tertentu. Salah satunya Anies yang jamin izin gereja serta menemui pengurus dan jemaat gereja. Bagi dia, upaya Anies itu hanya sekadar lipstik dan main sandiwara.

“Gara-gara itu kita langsung terkesima? Jangan lipstik, lipstik itu namanya. Jangan main sinetron, jangan main sandiwara tiga babak,” tuturnya.

Kemudian, dia menuding Anies karena memiliki pendukung yang disebutnya kadrun. Ia bilang para kadrun ini mendukung dan ada di belakang Anies. Ruhut mengaku keluarkan meme soal Anies terbaru karena tak terima karena upaya Presiden Jokowi yang punya misi ke Rusia-Ukraina dicibir kadrun.