Ketua Pemuda Muhammadiyah: Banjir Kotanya Tersiksa Warganya, Sindir Anies?

Hujan deras melanda ibu kota menyebabkan banjir di hampir seluruh wilayah DKI Jakarta. Proyek sumur resapan Anies belum mampu mengatasi banjir Jakarta.

“Banjir kotanya tersiksa warganya,” kata Pemuda Muhammadiyah Razikin dalam status di akun WhatsApp (WA) miliknya, Kamis (6/10/2022).

Hujan deras yang terjadi di Jakarta dan sekitarnya petang ini memicu banjir di sejumlah lokasi, Kamis (6/10/2022).

Salah satunya di Jalan Gurame III RT 06/RW 01, Kelurahan Bambu Apus, Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Kamis (6/10/2022). Ketinggian banjir bervariasi mulai dari 30-80 centimeter.

Salah seorang warga Novi Yuliana mengatakan air mulai memasuki rumahnya sekitar pukul 15.00 WIB. Ia menyebut intensitas hujan yang tinggi sejak pukul 13.00 siang ditambah tanggul kali yang jebol membuat banyak rumah terendam air banjir.

banjir juga masih menggenangi permukiman rumah warga di jalan Kemang Selatan RT 3/RW 2, Kelurahan Bangka, Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. Ketinggian banjir juga bervariasi mulai dari 30-60 centimeter.

Warga setempat, Ahmad Rudy mengatakan banjir mulai terjadi sejak pukul 15.00 WIB dengan ketinggian yang terus bertambah. Di rumahnya, banjir saat ini sudah mencapai 40 centimeter atau setinggi betis orang dewasa.

“Tapi yang rumah di sebelah kiri dan belakang itu sekarang sudah sepinggang, disana kan lebih rendah daratannya,” kata Rudy.

Banjir juga terjadi di Lebak Bulus, tepatnya di Kompleks Taman Bona Indah. Air dengan ketinggian 10 hingga 30 cm menggenangi jalan kompleks. Di beberapa rumah air mulai memasuki teras.