Mahasiswa UIN KHAS Jember Joget di Masjid, Pihak Kampus Sebut Akibat Materi yang Full

Mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Kiai Haji Achmad Siddiq (KHAS) Jember yang berjoget di masjid akibat materi pengenalan kampus yang full.

“Dengan materi yang full. Di tengah kegiatan teman-teman mungkin jenuh. Kemudian ada mahasiswa yang memiliki bakat menyanyi, Juara Provinsi. Mereka (para peserta PBAK) memintanya untuk bernyanyi,” kata Ketua panitia pelaksana kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) UIN KHAS Jember Dr Saihan, Jumat (26/8/2022).

Ia gambarkan bagaimana penuhnya kegiatan PBAK itu. Kegiatan itu berlangsung sejak pukul 07.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB. Ia menduga dengan penuhnya materi kegiatan itu para peserta menjadi jenuh.

Saat seorang mahasiswa yang bakat menyanyi diminta menyanyikan lagu ‘Ojo Dibandingke’ yang sedang viral, Saihan menduga lagu dangdut koplo itu membuat para peserta hanyut dalam alunan lagu itu kemudian berjoget.

“Sehingga kemudian itu di luar kesadaran. Tetapi panitia setelah (mengetahui) ada indikasi begitu itu langsung sigap untuk memberhentikan kegiatan itu,” katanya.

Sayangnya, kegiatan berjoget di dalam masjid itu terekam kamera video singkat, diunggah sejumlah akun di Instagram, dan viral. Saihan mengakui bahwa video itu kemudian memunculkan keresahan.

“Padahal dalam kegiatan (PBAK) itu juga ada kegiatan selawat bersama untuk kemudian menanamkan nilai-nilai religi. Karena itu yang memang diajarkan di kampus,” ucapnya.

Sebelumnya, video sekumpulan orang berjoget diduga di sebuah Masjid itu viral di media sosial. Terlihat di video berdurasi 18 detik itu sekumpulan orang seperti mahasiswa yang mengikuti kegiatan tertentu, diduga pengenalan kampus.