GBM akan Laporkan Media Online Keuangannews ke Dewan Pers dan Bareskrim Mabes Polri

Media online www.keuangannews.id telah menyebarkan berita fitnah dan hoaks tanpa verifikasi terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait judul ‘Tuding Keras Jokowi, Netizen: Dia Nyekar ke Kuburan Notomihardjo yang Merupakan Tokoh PKI’

“Kami akan melaporkan keuanganenws.com ke Dewan Pers dan Bareskrim Mabes Polri terkait berita berjudul ‘Tuding Keras Jokowi, Netizen: Dia Nyekar ke Kuburan Notomihardjo yang Merupakan Tokoh PKI’,” kata Koordinator Gardu Banteng Marhaen (GBM) Sulaksono Wibowo dalam pernyataan kepada redaksi www.suaranasional.com, Senen (30/5/2022).

Menurut Sulaksono, selama ini keuangannews mengindahkan etika jurnalistik demi mengejar viewer. “Keuanganews hanya media copy paste (copas). Ini merusak dalam jurnalistik di Indonesia,” jelasnya.

Kata Sulaksono, keuangannews dillaporkan ke Dewan Pers dan Bareskrim Mabes Polri bukan untuk membungkam kebebasan pers.

“Biar Dewan Pers yang menilai kelayakan keuangannews sebagai media online termasuk kapasitas wartawannya,” ungkap Sulaksono.

Sulaksono mengatakan, Bareskrim Mabes Polri akan menyelidiki dugaan penyebaran berita hoaks oleh keuangannews. “Ini sudah masuk kewenangan aparat penegak hukum,” pungkasnya.