IKBK Puji Kinerja Polda Maluku Tingkatkan Kepercayaan Publik

Kinerja Polda Maluku khususnya Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Maluku menjalankan tugas dan fungsinya diapresiasi. Pasalnya, Kepolisian Daerah (Polda) Maluku menemukan beberapa senjata api (Senpi), puluhan peluru bermacam kaliber dan bahan peledak pada, Kamis (31/3/2022). Barang tersebut ditemukan di kawasan hutan Pulau Haruku saat sedang melakukan patroli.

Abdul Latip Marasabessy ketua umum organisasi Ikatan keluarga besar Kailolo (IKBK) menyatakan bahwa langka tegas dari Kombes Pol Andri Iskandar ini perlu diapresiasi. Ini sikap polisi yang tegas dan santun serta humanis dalam menjalankan tugas di wilayah Konflik.

Direktur Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Maluku Kombes Pol Andri Iskandar menyampaikan, sejumlah benda berbahaya tersebut, satu senjata api SKS organik dan satu senapan rakitan.

Ini bentuk keseriusan Polda Maluku menyikapi kejadian yang akhir-akhir ini terjadi di Maluku khususnya di Pulau Haruku dan pasca kejadian bentrok di Pelauw dan Kariuw. “Kami menyisir hutan Haruku karena diduga sebagai tempat penyimpanan senjata api,” kata Andri.

Menurut dia, penyisiran di hutan Pulau Haruku berdasarkan informasi-informasi dari beberapa masyarakat yang dengan sukarela menyampaikan informasi bahwa ada beberapa titik-titik tempat persembunyian atau tempat menyembunyikan senjata api dan bom-bom rakitan.

“Terkait penemuan tersebut memang kami sudah memeriksa masyarakat yang berada di sekitaran tempat penemuan, namun dari mereka juga kami belum mendapatkan hasil terkait siapa pemilik dari senjata-senjata yang kami temukan,” ujarnya.