KSAD Dudung Perlu Ngemong Habib Bahar

Uncategorized

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Dudung Abdurachman tak seharusnya berseteru dengan Habib Bahar yang notabene sebagai rakyat biasa. Dudung tak semestinya memberi sanksi kepada seseorang rakyat yang memang merupakan asal usulnya.

“KSAD Dudung sebaiknya ngemong untuk meluruskan Habib Bahar kalau mrmang dinilai “salah jalan”. Pendekatan ini lebih pas dan konsisten dengan slogan TNI berasal dari rakyat,” kata Pengamat komunikasi politik Universitas Esa Unggul M. Jamiluddin Ritonga kepada redaksi www.suaranasional.com, Rabu (22/11/2021).

Kalau ngemong, kata Jamiluddin, KSAD Dudung yang punya inisiatif menemui Habib Bahar. Ngobrol lebih informal akan lebih mengena dalam menyelesaikan perseteruan tersebut.

Kalau Dudung dapat melakukan itu, ia akan dinilai jenderal yang humanis. Jenderal yang dapat menyelesaikan perseteruan secara persuasif sebagaimana yang diinginkan paham demokrasi.

“Dudung dengan sendirinya sudah menghormati asal usulnya. Sebagai KASAD, ia dengan sendirinya sudah memberi contoh cara menyelesaikan konflik dengan rakyat tanpa menggubakan bayonet dan senjata,” pungkas Jamiluddin.