Pemerintah Sebut Cadangan Emas Freeport Sebentar Lagi Habis

Kepala BKPM Bahlil Lahadia mengatakan Indonesia merupakan negara kaya namun kekayaan alam di Indonesia bisa saja habis jika tidak dikelola dengan baik. Salah satunya cadangan emas di Freeport bisa habis

“Emas kita luar sekali banyaknya, Freeport sebentar lagi akan habis emasnya,” kata Bahlil dalam video virtual, Rabu (3/2/2021).

Bahlil pun menekankan akan meningkatkan industri hingga ke hilir agar tidak menghabiskan cadangan alam yang menjadi sumber kekayaan negara Indonesia. Salah satunya adalah membangun industri perikanan agar menarik investasi.

“Tapi apakah ada industri yang sampai hilir mampu bersaing di tingkat global. Perikanan kita nggak akan mungkin ikannya habis tapi kita terlambat bangun industri. Karena Vietnam dan Thailand sudah sangat efisien,” jelasnya.

Bahlil menjelaskan, BKPM sudah terbuka dengan perusahaan. Salah satunya memberikan insentif pajak bagi perusahaan yang memiliki keuntungan besar dan mendapatkan investor.

“Dulu pengusaha ngeluh kepemerintah bahwa pemerintah memberikan izin susah. Sekarang pemerintah sudah mengeluarkan izin dengan insentif fiskal dengan adanya tax holiday Rp10 triliun,” tandasnya.