PPJNA 98: Mengayomi & Banyak Prestasi, Listyo Sigit Prabowo Layak Jadi Kapolri

Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Komjen Listyo Sigit Prabowo mengayomi masyarakat dan mempunyai banyak prestasi sehingga layak menjadi Kapolri.

“Listyo Sigit Prabowo mempunyai banyak prestasi dan mengayomi masyarakat sehingga layak menjadi Kapolri,” kata Ketua Umum Perhimpunan Pergerakan Jejaring Nasional Aktivis (PPJNA) 98 Anto Kusumayuda dalam pernyataan kepada suaranasional, Ahad (27/12/2020).

Menurut Anto, Listyo Sigit sangat dekat dengan semua tokoh agama di Indonesia. “Sewaktu menjadi Kapolda Banten, Listyo Sigit sangat dekat dengan para ulama di Banten,” jelas Anto.

Anto mengatakan, prestasi yang sangat mencolok ketika Listyo Sigit menangkap menangkap Djoko Tjandra, terpidana kasus hak tagih (cessie) Bank Bali di Malaysia. “Menangkap Djoko Tjandra merupakan prestasi luar biasa Listyo Sigit. Bekerja dalam senyap berhasil menangkap Djoko Tjandra,” papar Anto.

Kata alumni Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, sosok Listyo Sigit yang muda dan cerdas bisa membawa kepolisian profesionanl dan tegas dalam penegakan hukum. “Presiden Jokowi sangat butuh Kapolri yang muda, cerdas dan tegas dalam penegakan hukum,” ungkapnya.

Di sisi lain, Anto berpandangan, Listyo Sigit mempunyai harapan besar untuk dipilih oleh Jokowi sebagai Kapolri, mengingat adanya kedekatan antara mereka berdua.

“Harapan bagi Kabareskrim untuk dipilih oleh Presiden sebagai Kapolri tentu masih cukup kuat, apalagi Kabareskrim adalah orang dekat yang pernah menjadi ajudan Presiden,” ujarnya.

Pun begitu, dia berpendapat bahwa suksesor Kapolri Idham Azis ke depan merupakan sosok yang diperkirakan dapat mendukung transisi kepemerintahan pada Tahun 2024 mendatang.

“Di mana generasi muda mulai tampil menjadi pemimpin di Indonesia, 2024 sangat menentukan apakah terjadi transisi generasi atau tidak, siapa Kapolri yang ditunjuk Presiden menjadi salah satu sinyal untuk transisi pada 2024 nanti,” paparnya.