Resmi, Kedutaan Besar Jerman Akui Diplomatnya ke Markas FPI

Kedutaan Besar Jerman di Indonesia mengakui diplomatnya mengunjungi markas Front Pembela Islam (FPI) di Petamburan III, Jakarta Pusat.

Kedatangan diplomat Jerman pada Jumat, 18 Desember 2020, menurut Kedubes Jerman, dilakukan untuk “mendapatkan gambaran tersendiri mengenai situasi keamanan yang bersangkutan karena demonstrasi juga dapat melintasi kawasan Kedutaan,” demikian keterangan Kedubes Jerman dikutip dari kantor berita Turki Anadalu Agency.

“Kedutaan Besar Jerman menyesali kesan yang telah ditimbulkan peristiwa ini di mata publik serta mitra-mitra Indonesia kami. Kami menegaskan bahwa tidak ada tujuan politis apa pun di balik kunjungan tersebut.,” tambah Kedutaan Jerman.

Kedutaan Jerman menegaskan “senantiasa menjalin komunikasi dengan otoritas Indonesia yang berwenang. Kami tetap teguh berada di sisi mitra-mitra Indonesia kami,” tambah pernyataan itu.

Disebutkan pula Kedubes Jerman telah melakukan pembicaraan dengan Kementerian Luar Negeri Indonesia pada Minggu, 20 Desember 2020.

Sebelumnya, Kementerian Luar Negeri Indonesia mendalami informasi seputar kedatangan diplomat Jerman ke markas Front Pembela Islam (FPI) di Petamburan untuk menyampaikan belasungkawa dan pesan perdamaian.

“Sejauh ini kami masih menunggu keterangan dari Kedubes Jerman,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah, dalam pesan singkat kepada Anadolu Agency, Ahad (20/12/2020).