Ingatkan & Kritik Mahfud MD, Gus Nawawi Pasuruan Ditahan

Muhammad Nawawi atau Gus Nawawi ditetapkan sebagai tersangka oleh Polda Jawa Timur atas video berjudul “Peringatan keras warga Madura untuk Mahfud MD karena kurang ajar kepada habib Rizieq!”

Dalam kasus ini, keempat tersangka yakni Muhammad Nawawi alias Gus Nawawi, kemudian Abdul Hakam (39), Moch Sirojuddin (37), dan Samsul Hadi (40). Ketiganya terlibat dalam penyebaran video teror tersebut.

Dirreskrimsus Kombes Pol Gideon Arief Setyawan menambahkan, kepada polisi Abdul Hakam mengaku mendapat unggahan video dari WAG “Komunitas Alumni Sidogiri” yang diunggah oleh Mochamad Sirojuddin.

Video tersebut sebelumnya dari “Grup Madin Miftahul Ulum” yang diunggah oleh Samsul Hadi. Selanjutnya, Samsul Hadi mendapatkan video dari “Mahabbah Rosul”.

Berikutnya pada Jumat 11 Desember 2020, polisi mengamankan Muammad Nawawi atau Gus Nawawi terduga pemilik channel YouTube “Amazing Pasuruan” beserta barang bukti.

Gus Nawawi selaku admin channel YouTube “Amazing Pasuruan” juga disangka menyebarkan video dimana mengandung muatan pemerasan dan mengancam dan ujaran kebencian yang bermuatan SARA dan menyiarkan berita atau pemberitahuan bohong.

Modus pelaku, lanjut Gideon, tersangka Muchammad Nawawi mengunggah ke grup WhatsApp sejumlah grup mereka. Akibat perbuatannya, mereka dikenakan pasal Undang Undang RI Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Trsaksi Elektronik (ITE) dan pasal 14 ayat (1) Undang undang Nomor 1 Tahun 1946, tentang peraturan hukum pidana.